WONOSOBO ZONE - Penilaian tahap satu (P1) lomba kota terbersih, atau yang biasa dikenal masyarakat dengan lomba Adipura untuk Kota Wonosobo telah selesai. Hasil penilaian tersebut disosialisasikan kepada jajaran SKPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Selasa 24 Maret 2015. Dari hasil sosialisasi dan evlauasi yang digelar di ruang Mangunkusumo Setda itu, terungkap bahwa nilai P1 Kota Wonosobo mencapai 75,39, tertinggi kedua di Jawa Tengah, dan sekaligus menunjukkan peningkatan sebesar 1 poin lebih dibanding penilaian serupa Tahun lalu.

Kepala Sub Bidang Limbah Padat dan Bahan Berbahaya Beracun (B3) Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, Ir Marnang Haryoto menyebut, Wonosobo sebagai langganan peraih Adipura sebenarnya cukup potensial untuk dapat meraih Adipura Kencana. Beberapa syarat agar sebuah Kota bisa meraih Adipura Kencana,  menurut Marnang antara lain adalah telah mendapat adipura selama 3 kali berturut-turut. Kemudian, nilai untuk seluruh lokasi capaian kinerja harus lebih tinggi atau sama dengan 71 poin. Selain itu, pengelolaan sampah juga dipersyaratkan minimal mencapai 15 % dari total timbunan sampah yang dikirim ke TPA. TPA, menurut Marnang juga harus dioperasikan tidak dalam system pembuangan terbuka.

Syarat lainnya selain item-item itu, menurut Marnang cenderung meluas kearah pemanfaatan limbah, perizinan lingkungan, cakupan ruang terbuka hijau minimal 30 %, serta memiliki taman keanekaragaman hayati. Tak kalah penting, Kota adipura kencana juga diwajibkan memiliki instalasi pengolahan limbah domestik komunal, menyediakan jalur sepeda, dan memiliki transportasi massal serta program sehari tanpa kendaraan bermotor (car free day). Penerangan jalan di Kota peraih Adipura Kencana, dikatakan Marnang juga wajib menggunakan tenaga matahari alias Solar Cell, serta telah memiliki data inventarisasi gas rumah kaca.

Menanggapi persyaratan yang wajib dipenuhi demi mendapatkan anugerah tertinggi bagi Kota Terbersih tersebut, Sekretaris Daerah Drs Eko Sutrisno Wibowo MM mengaku optimis Wonosobo akan mampu meraihnya. Jajaran SKPD terkait diharapkan Eko mampu memahami perlunya upaya menuju Wonosobo bersih dan sehat dengan lebih berfokus kepada upaya membudayakan hidup bersih dan sehat di lingkungan kerja masing-masing. Selain itu, kerjasama dan sinergi antar SKPD juga ditekankan Eko agar dapat diwujudkan secara lebih serius. Dengan adanya kerjasama yang baik antar lembaga itulah, Eko meyakini Adipura Kecana akan datang ke Wonosobo pada Tahun 2015 ini. Terlebih modal berupa penilaian tahap pertama yang menurut Eko cukup memuaskan, tentu akan lebih meningkatkan motivasi segenap elemen pemerintah beserta masyarakat untuk bahu-membahu mewujudkan Kota Wonosobo yang aman, sehat, bersih rapi, indah dan menyenangkan.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top