WONOSOBOZONE - Peristiwa longsornya tebing hingga menyebabkan meninggalnya salah satu warga Sruni, Jaraksari belum lama ini membuat seluruh Kampung waspada. Tak ingin bencana serupa terulang, pada Minggu pagi (12/4), ratusan warga dua kelurahan yang saling bersebelahan, yaitu Jaraksari dan Pagerkukuh bahu membahu membersihkan lapangan Sariagung. Selain bersih-bersih lapangan, warga juga membuat saluran air di sekitar perbatasan wilayah kedua kampung. Lurah Jaraksari, Ahmad Nuri Utomo menyebut upaya yang dilakukan warganya bersama warga Kelurahan Pagerkukuh tersebut  menjadi bentuk nyata kewaspadaan dini terhadap potensi bencana di permukiman yang mereka tinggali.

Lapangan Sariagung yang terletak tepat di atas permukiman warga Rt 03 Kampung Semagung dan RT 15 RW 5 kampung Siton Sruni, menurut Nuri sudah selayaknya dijaga kebersihannya agar tidak menjadi genangan air ketika turun hujan deras. “Bila tergenang air saat hujan, lapangan Sariagung sangat berbahaya bagi warga kampung di bawahnya, karena air langsung mengarah ke sawah dan tebing, sehingga berpotensi menyebabkan longsor”, jelas Nuri ketika ditemui di kantornya, Senin (13/4).  Karena itulah, selain membersihkan lapangan, warga juga berinisiatif membuat sebuah saluran baru yang akan digunakan sebagai penampung aliran air dari lapangan Sariagung.

Perlunya pembuatan saluran air untuk mengalihkan luapan air dari lapangan Sariagung juga disampaikan pelaksana tugas Lurah Pagerkukuh, Dwi Saraswati. Menurut Dwi yang juga turut terlibat langsung bersama warga di acara kerja bakti, keberadaan saluran air tersebut akan sangat vital perannya, mengingat pada saat terjadi longsor yang menyebabkan tewasnya Laila Subhi, air dari lapangan Sariagung meluap dan mengalir ke permukiman warga. “Pembersihan dan pelebaran saluran sangat diperlukan untuk pengalihan air agar tidak menggenang dan menjadi pemicu longsor”, urai Dwi.

source:wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top