WONOSOBOZONE - Sebanyak 30 orang dari Kelompok tani dari 5 Kecamatan yang ada di Wonosobo mengikuti Diklat Metodologi Penyuluhan Bagi Penyuluh Swadaya yang di gelar oleh tim penyuluh dari Dinas Pertanian dan Peternakan selama 12 hari dari Senin 27 April 2015 sampai Jum’at 8 Mei 2015  di Aula kantor Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mojotengah. Adapun 5 Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Garung Kejajar Mojotengah Watumalang dan Leksono.

Dengan mendatangkan Uswatun Khasanah yang pernah mahang di Jepang selama tiga bulan sebagai nara sumber. Uswatun pun membagi pengalamannya kepada para peserta diklat tentang bagaimana sistem serta kondisi pertanian di Negeri Matahari Terbit itu. Berbagai pertanyaanpun di lontarkan dari para peserta, seperti pertanyaan tetang bagaimana pengelolaan air di Jepang, penggunaan pupuk di Jepang dan berbagai pertanyaan lainnya yang membuat suasana diklat semakin menarik.

Sementara itu  Arif Puji Wibowo selaku penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian dan Peternakan menyampaikan bahwa yang menjadi tujuan dari penyuluhan tersebut agar dapat membantu program–program pertanian yang ada di wilayah perdesaan  khususnya untuk mensukseskan peningkatan produksi pangan Namun ketika di lapangan  tim penyuluh tidak bekerja sendirian melainkan di bantu TNI POLRI  perangkat Desa dan Kecamatan serta warga masyarakat sekitar.

Dengan adanya pelatihan ini, Arif juga menyampaikan harapan agar nantinya bisa mengatasi persoalan-persoalan yang muncul dalam masyarakat di bidang pertanian.

Nuan Nurrohman dari kelompok tani kejajar mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu karena menambah ilmu serta wawasan tentang pertanian  Selain itu juga sebagai ajang silaturohmi dengan para petani dari kelompok lain. ard4


 wonosobozone.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top