WONOSOBOZONE - Dalam peringatan Hari Kartini 2015 di Gedung Sasana Adipura Kencana (Selasa, 21/4) sebelum pemukulan gong sebagai simbolis pencanangan program pencegahan dan deteksi dini kanker serviks pada perempuan di Kabupaten Wonosobo, Wakil Bupati, Dra Hj Maya Rosida MM mengingatkan kepada kaum perempuan Wonosobo akan bahaya kanker rahim (serviks) agar timbul kewaspadaan perempuan Wonosobo akan kanker seviks yang semakin meningkat sehingga upaya Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan masyarakat yang sehat bermartabat dalam kemandirian dan kesetaraan gender lebih cepat terealisir.

Dalam acara tersebut juga disampaikan pesan dari Ibu Negara Iriana Joko widodo yang pada saat bersamaan sedang berada di Kulonprogo Jogjakarta, Ia juga mencanangkan secara nasional, kewaspadaan dini terhadap kanker serviks. Pesan itu diputar di depan ratusan peserta peringatan Hari Kartini, 

Maya juga  menilai bahwa peran kaum perempuan, khususnya di Wonosobo tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Kehadiran dirinya sebagai Wakil Bupati untuk periode 2010-2015, dikatakan Maya menjadi bukti bahwa kiprah wanita kini bisa dikatakan setara dengan kaum laki-laki. Ke depannya, Maya mengaku ingin melihat kaum perempuan di Wonosobo bisa lebih maju dan menunjukkan kontribusi positif terhadap pembangunan, tak hanya di lingkup daerah saja, melainkan hingga ke jenjang yang lebih luas di tataran Nasional bahkan Internasional. Dengan modal kesehatan yang terjaga, serta kesempatan untuk menuntut ilmu di jenjang berbagai jenjang pendidikan, Wabup yakin perempuan Wonosobo mampu memenuhi harapan tersebut.

Optimisme Wabup tersebut beriringan dengan tujuan panitia hari Kartini, yang menurut ketua ikatan istri dokter Indonesia Wonosobo, Ny J Heru Wahyono adalah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui pendidikan dan pemberdayaan teknologi kreatif. Ny Heru Wahyono, yang didaulat sebagai Ketua Panitia Hari Kartini 2015 menyebut, pihaknya telah menempuh upaya-upaya konkret demi merealisasikan tujuan itu. Beberapa yang telah dilakukan, menurut istri dokter spesialis anak tesebut, adalah dengan menggelar seminar mengenai tata laksana pada hipertensi, menggelar bakti sosial deteksi dini kanker leher rahim, sekaligus sosialisasi mengenai bahaya penyakit mematikan itu kepada kaum perempuan Wonosobo. “Kami menjalin kerjasama intensif dengan berbagai pihak, khususnya RSUD Setjinegoro yang memiliki tenaga kesehatan kompeten, agar upaya penyadaran terhadap bahaya kanker serviks lebih cepat meluas”, jelas Ny Heru.


Selain pencanangan deteksi dini kanker serviks, acara puncak Hari Kartini yang dihadiri pula Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua DPRD dan segenap unsur Forkominda beserta istri, juga diisi dengan pagelaran fashion show pakaian tradisional dan unjuk kebolehan para juara tembang mocopat tingkat SD se-Kecamatan Wonosobo.


source:wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top