WONOSOBOZONE - Sebagai salah satu upaya membantu tugas Kepolisian, sejumlah anggota masyarakat membentuk sebuah kelompok yang menamakan sebagai Aliansi Sahabat Polisi (ASAP). Kelompok ini mendeklarasikan dirinya di halaman Polres Wonosobo, disaksikan langsung oleh Waka Polres Pranandya S dan sejumlah anggota kepolisian, Senin (13/04) dimulai tepat pukul 08.00 WIB.

Waka Polres menegaskan bahwa ASAP yang beranggotakan sekitar 30 orang ini terbentuk benar-benar murni dari masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap Kepolisian, dan hanya bersifat membantu tugas-tugas Polisi saja, yakni di bidang lalu lintas serta sebagai forum kewaspadaan dini masyarakat.

Selain kedua bidang tersebut, ASAP juga diminta bisa menyentuh semua yang berhubungan dengan Harkamtibmas atau Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat dan diharapkan mampu berkomunikasi aktif, sehingga bisa terbentuk kemitraan dalam membina kepercayaan masyarakat terhadap tugas tugas Polisi.

Waka Polres juga meminta agar ASAP menjadi polisi untuk dirinya sendiri sebelum terjun ke masyarakat dan diminta berperan aktif dengan memberikan informasi yang benar, dan membantu mensosialisasikan program dan tugas Kepolisian kepada warga masyarakat luas, melalui ajakan dan membudayakan kebiasan pola hidup tertib di lingkungan sendiri secara mandiri. Namun dalam hal tertentu tetap akan dilakukan pendampingan oleh aparat kepolisian.

Menurut Ketua ASAP, Sarwanto, tujuan utama dibentuknya ASAP, lebih dari keinginan untuk tidak membiarkan polisi bekerja sendiri. Mereka ingin menjadi sahabat atau mitra, yang bisa bersama sama membuat Wonosobo semakin nyaman dan tetap  kondusif.


source: wonosobokab


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top