WONOSOBOZONE - Bukan mahasiswa namanya kalau tidak disibukkan dengan tugas. Dan terkadang tumpukkan tugas yang begitu banyak inilah yang membuat kita malas untuk berangkat kuliah. Alih-alih mulai mencicil satu per satu tugas, kita justru sibuk mengeluhkan tugas yang banyak tersebut. Kalau hanya mengeluhkan tugas kita, kapan selesainya?

Berikut tips-tips untuk mensiasati tugas kuliah yang menumpuk sebelum dikalahkan oleh rasa lelah sebelum mengerjakan: 

1.    Istirahatlah sejenak. Lupakan sebentar tugas yang baru saja kita dapat. Ini dilakukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran.
2.        Selesaikan tugas lain yang memang harus diselesaikan terlebih dahulu. Kadang hal-hal sepele seperti belum memcuci piring atau mencuci pakaian membuat konsentrasi kita buyar saat mengerjakan tugas. Jadi kerjakanlah hal-hal itu terebih dahulu.
3.      Carilah tempat yang nyaman. Belajar tak selalu harus di meja belajar. Bisa di ruang tamu, halaman atau tempat lain yang menurut kita paling nyaman.
4.        Persiapkan segala hal yang memang diperlukan, seperti Laptop, buku referensi, catatan kuliah dan segala perlengkapan lain yang memang dibutuhkan dalam mengerjakan tugas. Sehingga saat sedang mengerjakan, kita tidak direpotkan lagi dengan perlengkapan yang kurang.
5.        Rapikan tempat belajar kita. Saat sedang mengerjakan tugas, kita membutuhkan tempat dan kondisi yang nyaman agar konsentrasi kita tidak buyar.
6.        Bila perlu matikan handphone. Terkadang saat ada handphone di sekitar, tangan kita usil untuk mulai mengotak-otiknya. Niatnya hanya sebentar, tapi lama kelamaan kita bisa saja melupakan tugas yang harusnya kita selesaikan.
7.        Kerjakan tugas dari yang paling mudah. Agar kita tidak merasa lelah dan patah semangat dalam mengerjakan tugas, kerjakanlah tugas yang paling mudah terlebih dahulu. Baru kemudian ke tugas yang lebih sulit.
8.        Saat mulai lelah, jangan ragu untuk istirahat. Apabila kita memaksakan untuk terus melanjutkan, kemungkinan besar  hanya akan bertemu pada kebuntuan.
9.        Apabila sudah selesai tutup dulu tugas kita. Setelah 2-3 jam baru dibuka dan diteliti kembali. Dalam jangka waktu itu, kita sudah bisa berpikir lebih jernih dan mungkin dapat menemukan ide-ide yang dapat menambah kuat tugas kita.
10.    Optimis bahwa tugas kita akan mendapatkan hasil yang baik

Semoga  tips-tips di atas dapat membantu menambah semangat kita dalam mengerjakan tugas. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk malas dan menganggap tugas kuliah itu memberatkan.

tipsstorage.blogspot.com
 Oleh : Riezdqhy Annisa (Kontributor wonosobozone.com)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top