WONOSOBOZONE - Bukan mahasiswa namanya kalau
tidak disibukkan dengan tugas. Dan terkadang tumpukkan tugas yang begitu banyak
inilah yang membuat kita malas untuk berangkat kuliah. Alih-alih mulai mencicil
satu per satu tugas, kita justru sibuk mengeluhkan tugas yang banyak tersebut.
Kalau hanya mengeluhkan tugas kita, kapan selesainya?
Berikut tips-tips untuk
mensiasati tugas kuliah yang menumpuk sebelum dikalahkan oleh rasa lelah
sebelum mengerjakan:
1. Istirahatlah sejenak. Lupakan
sebentar tugas yang baru saja kita dapat. Ini dilakukan untuk mengembalikan
kesegaran tubuh dan pikiran.
2.
Selesaikan tugas lain yang memang harus
diselesaikan terlebih dahulu. Kadang hal-hal sepele seperti belum memcuci
piring atau mencuci pakaian membuat konsentrasi kita buyar saat mengerjakan
tugas. Jadi kerjakanlah hal-hal itu terebih dahulu.
3. Carilah tempat yang nyaman. Belajar
tak selalu harus di meja belajar. Bisa di ruang tamu, halaman atau tempat lain
yang menurut kita paling nyaman.
4.
Persiapkan segala hal yang memang
diperlukan, seperti Laptop, buku referensi, catatan kuliah dan segala
perlengkapan lain yang memang dibutuhkan dalam mengerjakan tugas. Sehingga saat
sedang mengerjakan, kita tidak direpotkan lagi dengan perlengkapan yang kurang.
5.
Rapikan tempat belajar kita. Saat sedang
mengerjakan tugas, kita membutuhkan tempat dan kondisi yang nyaman agar
konsentrasi kita tidak buyar.
6.
Bila perlu matikan handphone. Terkadang
saat ada handphone di sekitar, tangan kita usil untuk mulai mengotak-otiknya.
Niatnya hanya sebentar, tapi lama kelamaan kita bisa saja melupakan tugas yang
harusnya kita selesaikan.
7.
Kerjakan tugas dari yang paling mudah.
Agar kita tidak merasa lelah dan patah semangat dalam mengerjakan tugas,
kerjakanlah tugas yang paling mudah terlebih dahulu. Baru kemudian ke tugas
yang lebih sulit.
8.
Saat mulai lelah, jangan ragu untuk
istirahat. Apabila kita memaksakan untuk terus melanjutkan, kemungkinan
besar hanya akan bertemu pada kebuntuan.
9.
Apabila sudah selesai tutup dulu tugas kita.
Setelah 2-3 jam baru dibuka dan diteliti kembali. Dalam jangka waktu itu,
kita sudah bisa berpikir lebih jernih dan mungkin dapat menemukan ide-ide yang
dapat menambah kuat tugas kita.
10.
Optimis bahwa tugas kita akan mendapatkan
hasil yang baik.
tipsstorage.blogspot.com |
Oleh : Riezdqhy Annisa (Kontributor wonosobozone.com)
0 komentar:
Posting Komentar