WONOSOBO ZONE - Rapat, sebuah forum yang selama ini identik dengan formalitas, kaku, tegang, dan cenderung membosankan. Tak jarang, setelah rapat usai, kesimpulan akhir bahkan berujung pada perlunya rapat lanjutan, alias rapat menghasilkan rapat. Kondisi itulah yang akhirnya membuat jajaran pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda Kabupaten Wonosobo berpikir keras, dan kemudian menghasilkan sebuah forum rapat unik nan menyenangkan para anggotanya. Di rapat yang digelar Jum’at (11/4) di Sasana Adipura Kencana itu, anggota diberikan ruang kreasi dan hiburan yang mampu melepas penat, serta menyehatkan badan.

Diawali senam aerobic bersama, kegiatan rapat yang dilangsungkan bertepatan dengan  momentum peringatan hari Kartini 2015 tersebut mampu menghangatkan pagi nan dingin di Kota Wonosobo. Tak kurang dari 50 anggota DWP dari 9 SKPD di lingkup Setda mengikuti senam yang dipandu instruktur tersebut dengan penuh semangat.  Senam selama hampir 20 menit itu kemudian dilanjutkan dengan beragam lomba dan permainan, setelah sebelumnya mereka juga diajak sarapan pagi bersama. Ketua panitia peringatan Hari Kartini DWP Setda, Dian Tri Antoro menyebut, rapat itu sebagai momentum pengakraban anggota, demi mempererat silaturahmi dan sekaligus menjadi media koordinasi yang efektif. “Kalau biasanya rapat rutin anggota diisi dengan paparan dan arahan-arahan dari Ketua dan para pengurus, kali ini anggota justru berperan paling dominan”, jelas Dian di sela menyaksikan lomba menghias hijab.

Menurut istri Kepala Bagian Humas Setda Wonosobo tersebut, upaya untuk menjalin keakraban antar anggota memang kurang efektif bila hanya melalui rapat rutin formal. “Biar tidak bosan, dan sekaligus mampu menghibur maka kami menggelar beberapa lomba unik, seperti menceritakan kepahlawanan Kartini, menghias hijab sekaligus menampilkannya di atas panggung, hingga permainan gulung stagen estafet dan sudoku”, urai Dian menjelaskan latar belakang digelarnya rapat unik DWP Setda. Momentum bulan April yang identik dengan kelahiran pahlawan emansipasi wanita dari Jepara, Raden Ajeng Kartini juga memotivasi para pengurus untuk menunjukkan semangat berkreasi, demi menunjukkan bahwa kaum wanita juga mampu berkreasi dan mandiri.

Teladan Kartini pula yang akhirnya mampu memompa semangat para anggota DWP untuk menampilkan kreatifitas mereka secara maksimal. “Senang sekali bisa ikut menunjukkan kemampuan menghias hijab dan berlenggak-lenggok di atas panggung”, kata Tutik Haryati Hidayat, anggota DWP Bagian Humas Setda ketika ditanya kesannya mengikuti rapat rutin tersebut. Pendapat serupa juga dikemukakan Tri Ambarwati, yang kebagian tugas untuk mengikuti lomba bercerita kisah kepahlawanan RA Kartini. “Menegangkan, sekaligus menyenangkan karena bisa berkumpul dalam suasana ceria”, jelas Tri yang juga anggota DWP Bagian Humas tersebut.

Sambutan positif atas suksesnya gelaran rapat rutin sekaligus peringatan Hari Kartini di lingkup DWP Setda juga diungkapkan Ketua Dharma Wanita Persatuan Setda Wonosobo, Ny Wati Eko Sutrisno. Istri Sekda itu mengaku sangat bersyukur, anggotanya cukup solid dan terlihat memiliki semangat untuk maju. “Seperti pesan dari Sekda, setiap istri aparatur Negara memang harus mampu menunjukkan dukungan terhadap suami dengan terus meningkatkan keterampilan mereka”, jelas Wati. Dengan memiliki keterampilan, maka potensi untuk meningkatkan pendapatan keluarga juga terbuka lebar. Seiring meningkatnya taraf ekonomi keluarga, maka suami juga akan semakin tenang dalam menjalani tugas-tugasnya memberikan pelayanan terbaik sebagai pengabdi masyarakat.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top