WONOSOBOZONE - Sebagai mahasiswa pernahkah kalian mengalami situasi di mana tidak memiliki keinginan lagi untuk melanjutkan kuliah? Mungkin karena tugas berat, bertemu dosen yang kelewat galak dan ketat, indeks prestasi di semester lalu  mengecewakan atau mungkin karena masalah ekonomi.

Situasi seperti itu wajar dialami oleh mahasiswa, terutama bagi mahasiswa yang sudah setengah jalan menuju akhir. Akan tetapi jangan hanya karena hal itu, lalu kalian memilih untuk tidak melanjutkan kuliah. Coba kalian renungkan sebelum benar-benar memutuskan untuk berhenti kuliah:

1.  Apakah telah kalian pikirkan dengan matang? Sejauh ini kalian sudah berjuang setengah jalan. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang telah kalian keluarkan. Tidakkah kalian merasa akan ada penyesalan saat memilih untuk menyerah sekarang?
2.   Kuliah adalah tentang proses dan perjuangan. Kuliah bukan sekedar mencari ijazah dan gaya-gayaan dengan gelar, tetapi kuliah adalah tentang proses dan perjuangan menjadi manusia yang berguna di kehidupan. Apabila kalian memilih berhenti mengikuti proses berjuang sekarang, maka di kemudian hari kalian tidak akan terlatih untuk menghadapi perjuangan yang mungkin lebih berat lagi.
3.    Kalian boleh terkesan pada Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Mereka adalah orang yang bisa sukses meskipun tidak menyelesaikan kuliah. Tidakkah kalian berpikir, apabila kalian bisa menamatkan kuliah, mungkin kalian bisa jauh lebih sukses dari mereka.
4.    Ingatlah orang tua yang memiliki pengharapan besar pada kalian. Membiayai, bersabar dan menyemangati kalian berjuang semester demi semester, pasti ada harapan mereka bisa datang di acara wisuda. Lebih dari itu, mereka mengharapkan ilmu kalian bisa berguna di kehidupan nyata. Tidakkah kalian ingin mewujudkan harapan mereka?
5.    Apakah keputusan kalian sudah disampaikan pada Tuhan? Saat kalian sudah merenungkan hal-hal di atas dan masih bimbang pada keputusan kalian, jangan berkecil hati! Ceritakan kebimbangan kalian pada Tuhan. Dia tidak akan pernah membiarkan kalian sendiri dalam kebimbangan dan tak segan memberikan jawaban atas kebimbangan kalian.

Pikirkan matang-matang keinginan untuk menyerah di tengah jalan. Keluarkan semangat dan kemauan kalian untuk bisa berjuang hingga akhir. Dan yakinlah bahwa kelak ilmu kalian akan berguna.

Oleh:Riezdqhy Annisa (Kontributor Wonosobozone.com)


galerisiswa.wordpress.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top