WONOSOBOZONE -  Bupati Wonosobo lantik 30 Kepala Sekolah SMA/SMK dan SMP hasil seleksi Ujian Kepala Sekolah tahun 2015, sekaligus menyerahkan SK kepada 12 Pengawas TK dan Penilik PAUD, dalam acara Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan Kepala Sekolah, Penyerahan SK Penilik PAUD dan Pengawas TK serta Penyerahan Sertifikat Akreditasi Sekolah, di Pendopo Kabupaten, Selasa, 19 April.
           
Proses rekrutmen 30 Kepala Sekolah ini dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Samsul Maarif, dilakukan melalui seleksi oleh pihak ketiga, yakni Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) lewat tes tertulis dan tes akademis, yang sebelumnya lolos seleksi syarat administrasi sebagai kepala sekolah, yang meliputi masa kerja, golongan ruang, pendidikan. Setelah seleksi administrasi ini, mereka harus mengikuti ujian yang dilanjutkan wawancara dan penelitian, terkait Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT), sehingga profil seorang Kepala Sekolah, nantinya benar-benar bisa dipertanggunjawabkan, Syamsul menambahkan, Kepala Sekolah yang dilantik kali ini 9 Kepala Sekolah SMP dan 1 Kepala Sekolah SMK, yang beberapa diantaranya merupakan Kepala Sekolah baru dan sisanya berasal dari mutasi.  

Terkait dengan Pengawas TK dan Penilik PAUD, Samsul menyampaikan, untuk penjaminan mutu pendidikan anak usia dini, perlu mekanisme, salah satunya melalui supervisi. Dan untuk menjaga kualitas, seorang supervisior harus memenuhi syarat, baik kualitas maupun kuantitasnya serta proses rekrutmen dilakukan melalui seleksi yang transparan dan akuntabel. Di Kabupaten Wonosobo sendiri membutuhkan setidaknya 30 Penilik PAUD dan Pengawas TK, sehingga setelah dilantiknya 12 Penilik PAUD dan Pengawas TK ini maka Wonosobo sudah terpenuhi 70% dari kebutuhan. Saat ini Kabupaten Wonosobo total memiliki 21 Penilik PAUD dan Pengawas TK.

Sementara Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, mengingatkan kepada para pendidik yang diangkat menjadi kepala sekolah, bahwa mereka adalah orang-orang terpilih di bidang pendidikan, serta dinilai telah memenuhi kriteria baik teknis, akademis, maupun administratif. Oleh sebab itu, ia berharap komitmen para Kepal Sekolah untuk mengawal kebijakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo di bidang pendidikan, antara lain penuntasan dan peningkatan mutu pendidikan dasar serta peningkatan pendidikan menengah universal, penguatan pendidikan agama dan Gerakan Revolusi Mental, penguatan pendidikan lingkungan hidup, penciptaan lingkungan sekolah bebas narkoba, memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan, serta penciptaan pendidikan ramah sosial yang peduli kaum miskin dan difabel, untuk mendukung perwujudan Kabupaten Wonosobo yang ramah Hak Asasi Manusia.

Bupati menambahkan, untuk menghadapi kondisi tersebut, maka perlu dilakukan terobosan dalam peningkatan ilmu pengetahuan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, yang mengamanatkan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, serta global.

Terkait pengurusan administrasi kepegawaian, Eko menegaskan, bahwa proses dilakukan secara transparan dan akuntabel, serta tidak ada pungutan, Jika sampai ditemukan ada pungutan-pungutan liar, bisa diadukan ke lembaga-lembaga atau pihak-pihak terkait, untuk dilakukan penindakan lebih lanjut.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top