WONOSOBOZONE - “Jumat bersih, Sabtu hijau, Minggu sehat” baru-baru ini menjadi slogan yang cukup menarik perhatian publik, dan mendapat tanggapan positif dari warga masyarakat di beberapa daerah. TNI pun tidak mau ketinggalan karena memang sudah merupakan Program Kodam IV/Diponegoro. Kapten Inf Trio Mardiyanto Danramil-05/Kejajar, Kodim 0707/Wonosobo memimpin gerakan Jumat bersih di ikuti oleh anggota Polsek Kejajar, Pegawai Kecamatan Kejajar, Kades seluruh Kecamatan Kejajar, dan masyarakat sekitar ( 15/4 ). Pelaksanaan kegiatan berlokasi di Komplek Koramil, Polsek, Kecamatan dan pasar Kejajar.

Trio menyampaikan selaku Danramil-05/Kejajar, “ Bukan berarti hari Senin sampai Kamis kita tidak melakukan sesuatu yang bersih, hijau, atau sehat seperti di akhir pekan, namun adanya slogan tersebut diharapkan lebih mendorong kita untuk lebih peka dalam aksi meningkatkan kualitas diri kita dan lingkungan sekitar kita”. Jumat hingga Minggu dianggap sebagai hari yang “relatif” tidak begitu sibuk sehingga kita memiliki waktu luang untuk memperhatikan lingkungan sekitar kita dibandingkan padatnya pekerjaan di hari-hari sibuk biasanya.

Jumat dianggap sebagai hari suci yang dapat diidentikkan dengan “kebersihan”, suci berarti bersih, atau juga dapat berkaitan dengan “bersih sebagian dari iman”. Setelah bersih-bersih di hari Jumat kemudian hari Sabtu kita diharapkan menghijaukan lingkungan sekitar kita. Iklim yang cenderung memburuk seakan memberi peringatan kepada kita untuk lebih memperhatikan alam sekitar kita.

Oleh karena itu setidaknya pada hari Sabtu kita memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan hijau disekitar kita, hijau tidak selalu tentang pepohonan atau rerumputan, bisa juga saluran air di rumah, talang, parit, resapan air, dan perangkat lain yang berhubungan langsung dengan lingkungan alam sekitar kita.

Sedangkan hari Minggu, tentu saja identik dengan refreshing, hiburan, melepaskan penat, dan lain-lain. Diharapkan pada hari ini kita menyehatkan diri kita dengan berolahraga, jalan santai, atau kegiatan lain yang berhubungan dengan kesehatan. Dengan lingkungan yang sudah “bersih” dan “hijau” setelah Jumat dan Sabtu, tentu kualitas lingkungan di hari Minggu akan bersih dan kondusif untuk kegiatan kita di hari minggu.

Tentu slogan tersebut dapat diartikan secara berbeda-beda oleh setiap orang, namun kita semua tahu slogan tersebut bermakna positif. Kita bisa memanifestasikan slogan itu di lingkungan rumah kita, kampung kita, lingkungan kerja kita, dan dimana saja kita berada. Setelah bersih-hijau-sehat di akhir pekan tersebut, tentu kita akan siap menjalani awal minggu berikutnya dengan kualitas lingkungan yang lebih baik.
(Pendim 0707/Wsb)


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top