WONOSOBOZONE - Aktifitas Gunung Sindoro, yang dalam dua hari lalu sempat menampakkan kepulan asap cukup tebal di puncaknya, ternyata tidak mengkhawatirkan. Kepala pelaksana harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Wonosobo, Prayitno menyebut status Sindoro kini aktif normal. Ketika ditemui di sela mendampingi Bupati dalam acara sarasehan program 100 hari di Kecamatan Garung, Selasa (19/4), Prayitno menjelaskan hasil analisa dari Badan Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG), Sindoro tidak menunjukkan indikasi kerawanan. "Minggu dan Senin (17 dan 18/4) lalu memang Sindoro sempat mengeluarkan asap berwarna kehitaman dan diiringi terciumnya bau belerang," jelas Prayitno. Kejadian tersebut, menurut Prayitno langsung direspon dengan naiknya para petugas BPBD ke pos pengamatan Sindoro. "Dari pengamatan kami di lapangan, juga tidak ada yang perlu membuat warga masyarakat mencemaskan kondisi Sindoro," lanjut Prayitno.

Pihak BPBD, dikatakan Prayitno masih terus melakukan pengamatan terhadap kelanjutan aktifitas Gunung Sindoro. "Secara umum, kepulan asap pekat memang menunjukkan aktifitas gunung tengah meningkat, namun demikian untuk saat ini kami belum menerima rilis peningkatan status apapun dari BVMBG, termasuk indikasi akan meletus" beber Prayitno. Warga sekitar gunung pun, menurut Prayitno masih bisa menjalankan aktifitas harian secara normal, dengan tetap memperhatikan imbauan selanjutnya dari BPBD. "Hanya bagi para pendaki, kami merekomendasikan agar mereka untuk sementara tak mendekati kawah di radius 1 kilometer, demi menghindari hal yang tidak diinginkan," tegas Prayitno.

Adanya peningkatan aktifitas  Sindoro juga mendapat perhatian dari Wakil Bupati Agus Subagiyo. Agus yang mengaku sempat melihat adanya asap cukup pekat pada Minggu pagi lalu, juga mengimbau warga masyarakat untuk tidak panik. "Masyarakat tentu wajib mewaspadai aktifitas Sindoro, tapi untuk saat ini memang belum ada imbauan dari BVMBG maupun BPBD untuk tindakan evakuasi," jelas Wabup. Karena itu, Agus mengaku akan berkoordinasi intensif dengan BPBD maupun BVMBG demi mendapat informasi terbaru terkait aktifitas terkini Sindoro, serta agar ada peringatan dini bagi warga masyarakat.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top