WONOSOBOZONE - KAPOLRES Wonosobo, AKBP Aziz Andriansyah, S.H.,S.I.K.,M.Hum., meminta, sebagai bagian dari masyarakat, semua harus mampu berperan dan berkontribusi dalam memberantas peredaran narkoba di Wonosobo, sekaligus mencegah dan menyelamatkan pengguna narkoba, dimulai dari lingkungan keluarga yang merupakan langkah awal dalam mewujudkan hidup sehat tanpa narkoba. Hal ini disampaikannya dalam upacara gabungan terpadu, yang digelar Senin, 18 April di Alun-Alun kota Wonosobo.

Menurutnya, langkah ini bisa dilakukan bersama dengan membangun budaya saling asah, asuh, asih dalam keluarga, karena dari sini, awal dari dimensi pencegahan dan akan menyelamatkan pengguna narkoba secara global. Hal ini sangat penting, jika dilihat dari data, masih adanya temuan 4 kasus pidana penyalahgunaan narkotika di wilayah Wonosobo selama bulan Maret 2016.

Terkait hal ini, upaya masif dilakukan pihaknya, diantaranya belum lama ini POLRES Wonosobo telah memfasilitasi test urine bagi jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, yang dilanjutkan oleh seluruh jajaran pejabat di lingkup POLRES Wonosobo.

Melalui operasi penanggulangan pengedaran narkoba di Wonosobo, bertajuk BERSINAR atau berantas sikat narkoba, pihaknya beserta pihak-pihak terkait, sangat bersungguh-sungguh untuk memberantas narkoba di Kabupaten Wonosobo. Selaras hal ini, Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) juga terus-menerus dilaksanakan, sehingga bisa menekan aksesibilitas maupun jaringan peredaran narkoba di Wonosobo.

KAPOLRES menambahkan, selain hal tersebut, beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain pada aspek pencegahan, telah dilakukan upaya peningkatan ekstensifikasi dan intensifikasi komunikasi, informasi serta edukasi, mulai dari kalangan usia dini sampai dewasa secara luas. Di sisi lain telah diupayakan pula upaya membangun kesadaran, kepedulian dan kemandirian masyarakat dalam menjaga diri, keluarga, serta lingkungannya dari bahaya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan secara swadaya, baik di lingkungan pendidikan, lingkungan tempat kerja, maupun di lingkungan masyarakat.


Meski demikian, masih banyak hal yang membutuhkan perbaikan dan upaya penyempurnaan, serta kerja keras semua pihak. Beberapa permasalahan yang perlu mendapat perhatian adalah masih minimnya pelayanan rehabilitasi medis maupun sosial, masih tingginya peredaran gelap narkoba serta permasalahan stigma negatif atau pandangan negatif masyarakat terhadap pengguna narkoba. Mereka masih dianggap sebagai penjahat atau residivis yang dikucilkan oleh lingkungannya, bahkan keluarganya sendiri. Terkait hal ini, saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menyamakan persepsi dan merubah mindset terhadap pengguna narkoba.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top