WONOSOBOZONE - Kantor Imigrasi kelas II kabupaten Wonosobo menyelenggarakan Rapat Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang mengundang Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Jateng Drs. E Rustarto, Kodim 0707/Wonosobo, Polres Wonosobo, Bupati Wonosobo, BIN Wilayah Wonosobo dan dinas terkait lainnya, Selasa 12 April 2016.  Acara tersebut dibuka oleh Bupati yang di wakili oleh Kasi Pemer Wonosobo  Bapak Prismanto W,  dan di hadiri sekitar 25 orang.

Kodim Wonosobo yang diwakili Pasi Intel Kapten Inf Heru Utomo siap membantu dalam pengawasan orang asing di wilayah Wonosobo khususnya, sebagai satuan kewilayahan kodim akan berkordinasi dengan dinas keimigrasian wonosobo apa bila mendapati atau ada informasi  orang asing di wilayah Wonosobo yang tidak jelas mengenai kelengkapan surat untuk masuk di Indonesia khususnya di wilayah Wonosobo seperti paspor atau visa. Apalagi di Wonosobo terlalu sering mengadakan turnamen sepakbola yang kadang memakai pemain- pemain asing.

Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Jateng, menyampaikan fungsi keimigrasian adalah urusan pemerintahan, Negara dalam memberikan pelayanan keimigrasian, penegakan hukum, keamanan Negara dan fasilitator  pembangunan kesejahteraan masyarakat termasuk  mengelurkan Pasport/dokumentasi, ijin tinggal dan status keimigrasian, Visa.  Pelaksanaan pengawasan keimigrasian bisa secara mandiri atau tim seperti operasi gabungan dari dinas Imigrasi dan dinas terkait, Tim PORA harus sinergi keterpaduan dalam pengawasan orang asing oleh instansi terkait yang berbeda latar belakang dan fungsinya penyamaan arah dan misi dalam mengamankan kebijaksanaan serta harus selektif terhadap orang asing yang berada dan kegiatan sehingga tidak membahayakan keamanan dan ketertiban di Indonesia umumnya khususnya Wonosobo. Tim PORA harus bisa memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi  terkait dan melakukan operasi gabungan sesuai kewenangan masing-masing.


Akhir dari kegiatan tersebut Tim Pora Wonosobo mengadakan sidak ke PT Aqua Investama dalam rangkaian pengecekan orang asing, tetapi hasilnya nihil Semua karyawan di PT tersebut semua WNI.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top