WONOSOBOZONE - Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo memimpin jajaran pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab menjalani tes urine dadakan, yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung, Kamis (7/4). Tes urine yang dilangsungkan seusai apel pagi di pendopo tersebut, menurut Sekda Eko Sutrisno, sengaja digelar demi mengantisipasi penggunaan narkoba di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), utamanya di lingkup pimpinan OPD. "Alhamdulillah, dari tes yang telah dijalani dan langsung bisa diketahui hasilnya, 135 ASN eselon II dan III dinyatakan bebas Narkoba," ungkap Bupati Eko Purnomo seusai tes urine.

Hasil negatif uji urine narkoba para ASN tersebut, menurut Bupati sekaligus menunjukkan bahwa jajarannya sangat serius menghindari barang haram mematikan itu. "Juga agar masyarakat paham, bahwa upaya memerangi narkoba kami mulai dari diri sendiri," imbuh Sekda. Ke depan, Sekda menegaskan upaya uji urine juga bakal diberlakukan bagi seluruh ASN. "Juga demi mewujudkan Wonosobo yang bebas dan bersih dari Narkoba," tambah Wabup Agus Subagiyo.

Menyambut kesadaran jajaran ASN di lingkup eselon II dan III Pemkab Wonosobo untuk mengikuti tes urine, Kepala BNNK Temanggung, Istantiyono mengaku sangat apresiatif. Menurutnya, pihak BNN memang saat ini tengah gencar menggelar uji urine di semua lini. "Tes urine narkoba ini juga dilakukan di jajaran Kepolisian, TNI sampai Kejaksaan untuk tujuan yang sama, yaitu agar setiap abdi Negara memiliki kesadaran untuk tak coba-coba memakai Narkoba," tegas Istantiyono.

Senada Kapolres Wonosobo, AKBP Aziz Andriansyah juga mengakui, jajaran kepolisian pun gencar menggelar tes urine untuk anggota. "Tes urine ini seharusnya memang diikuti secara sadar karena apabila diketahui hasilnya positif ada narkoba di urin, maka yang bersangkutan akan diberi fasilitas rehabilitasi, bukan dipidanakan," jelas Kapolres. Hal itu dikatakan Aziz berbeda dengan apabila pengguna diketahui mengonsumsi narkoba setelah ditangkap, yang bakal diancam hukuman pidana.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top