WONOSOBOZONE - Longsoran rumpun bambu sepanjang 70 meter menutup akses jalan yang menghubungkan Desa Semayu dengan Desa Bumitirto, Rabu, 13 April siang sekitar pukul 13.00 WIB. Menurut keterangan Sekretaris BPBD Kabupaten Wonosobo, Sumarno, di kantornya, Kamis, 14 April, di tengah hujan yang cukup lebat pada hari Rabu siang, rumpun bambu yang ada di tebing, yang berlokasi di dusun Petir Desa Bumitirto kecamatan Selomerto, longsor dan menutup akses jalan. Meski tidak ada korban jiwa karena jauh dari pemukiman warga, namun sempat membuat jalur tersebut tidak bisa dilalui kendaraan, yang berakibat masyarakat pengguna jalan harus memutar ke arah yang agak jauh, atau berbalik arah menuju jalur ke kota Wonosobo, khususnya bagi kendaraan-kendaraan besar, seperti truk.

Untuk mengatasi hal ini, pihaknya bersama perangkat desa dan warga setempat, bekerja bakti membersihkan bekas longsoran. Meski jalur sudah normal dilalui pada hari Kamis siang, dibutuhkan setidaknya satu hari untuk membersihkan bekas longsoran, karena banyaknya material bambu bercampur tanah dan batu yang jatuh menutup jalan.

Hal ini ditambah hujan yang turun lebat serta kondisi tepi bukit yang masih rawan longsor, sehingga pihaknya bersama warga dan aparat desa harus menunggu sampai hujan reda dan kondisi benar-benar aman.


Camat Selomerto, Supratman, meminta kepada masyarakat, agar berhati-hati melewati jalur tersebut, karena intensitas hujan masih cukup tinggi. Sebagai antisipasi, pihaknya bersama beberapa warga memotong beberapa pohon yang dimungkinkan bisa mengakibatkan longsor, sembari meminta kepada masyarakat untuk menanam tanaman keras di sekitar pinggiran bukit, sehingga akarnya bisa menahan tanah jika ada hujan lebat, yang dampaknya bisa mencegah terjadinya longsor. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top