WONOSOBOZONE - Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Wonosobo menasyarufkan zakat senilai total 215 juta Rupiah, yang diberikan bagi bantuan pendidikan, melalui GNOTA sebesar 45 juta dan untuk bantuan modal usaha kelompok sejumlah 17 kelompok, yang tersebar di kecamatan se-Kabupaten Wonosobo, masing-masing senilai 10 juta rupiah. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo, didampingi Wakil Bupati, Agus Subagiyo, di hadapan ratusan PNS peserta pengajian rutin, Kamis 7 April 2015 di Pendopo Kabupaten.

Menurut Wakil Ketua I BAZDA Wonosobo, Muhtadin, zakat ini merupakan hasil perolehah zakat yang dikumpulkan melalui BAZDA, yang mana sampai Desember 2015 terkumpul sebesar 1 Milyar 870 Juta 364 ribu 534 rupiah, yang berasal dari para PNS, BUMD dan masyarakat Wonosobo yang telah memenuhi syarat dan dipercayakan pengelolaannya pada BAZDA Wonosobo.

Terkait dengan pentasyarufan zakat BAZDA, Bupati melihat sudah mengalami perkembangan yang cukup baik, dengan peningkatan perolehan zakat dari tahun ke tahun menunjukkan adanya kepercayaan Muzaki terhadap BAZDA dalam mengelola dan mendistribusikan zakat kepada pihak-pihak yang tepat sesuai ketentuan Syariah Islam.

Hal senada disampaikan Wabup, Agus Subagiyo, dengan perkembangan dan kepercayaan tersebut tentunya menjadi modal berharga bagi BAZDA Kabupaten Wonosobo, untuk semakin meningkatkan kapabilitas dan akuntabilitasnya dalam pengelolaan zakat, agar kepercayaan para Muzaki tidak luntur, bahkan harus bisa menstimulasi pihak-pihak potensial yang belum menjadi Muzaki, kelak dapat bergabung dengan BAZDA untuk bersama-sama mengembangkan pengelolaan zakat di Wonosobo.

Oleh karena itu, Agus meminta agar BAZDA senantiasa berbenah diri, semakin meningkatkan komunikasi dan sosialisasi terkait manfaat dan hikmah zakat terhadap para calon Muzaki, sehingga potensi zakat yang ada, benar-benar dapat tergali secara lebih optimal dan berkualitas.

Agus mengajak semua pihak untuk berpikir positif terhadap lembaga BAZDA, yang diharapkan bisa menjadi Baitul Maal atau lumbung dana bagi masyarakat, yang dapat mengatasi berbagai persoalan sosial ekonomi di tengah masyarakat, sebagaimana Baitul Maal pada jaman Rasulullah dan para sahabat Nabi, yang mampu menjadi penyokong utama dari segala aspek pendanaan negara pada saat itu. Sehingga perspektif terhadap pengelolaan zakat melalui BAZDA perlu dibenahi lagi, agar tidak menimbulkan prasangka dan kesalahpahaman di tengah masyarakat.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top