WONOSOBOZONE - Dalam rangka pembinaan bela negara kepada masyarakat Kodim 0707 Wonosobo memberikan ceramah Wawasan Kebangsaan dan PPBN kepada kader  Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan bertempat di Aula Kesbangpol sejumlah 50 orang. Kegiatan ini difasilitasi Kantor Kesbangpol Kabupaten. (18/4).

Jaka susila selaku pembawa makalah menyampaikan kepada Kader PKK untuk memiliki rasa kebangsaan untuk menumbuhkan rasa kesatuan tekad dan perasaan masyarakat,  terhadap kondisi bangsanya untuk menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa lain, yang diwujudkan dalam kesetiaan masyarakat terhadap pemerintah dan rela berkorban demi menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa. Cinta Tanah Air akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan di kalangan generasi muda. Tidak adanya materi pelajaran Sejarah, PMP, P4, merupakan salah satu penyebab lunturnya jiwa Patriotisme. Yang sekarang tidak lagi masuk kurikulum di Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk pembinaan mental, jiwa korsa/kebersamaan kepada masyarakat/organisasi, serta loyalitas yang tinggi atas perintah atasan, tertanam juga jiwa patriotisme cinta terhadap Bangsa dan tanah air kita Indonesia, dan tata cara berpakaian yang rapi dan benar, juga sebagai kesiapan masyarakat menghadapi hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan dari manapun datangnya. Semua harus di awali dari kehidupan keluarga sebagai kesatuan terkecil di masyarakat. Dan diharapkan akan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, dalam hal Kedisiplinan, Cinta Tanah Air, Rela berkorban, Perlakuan kepada Bendera dan lambang-lambang Negara. Dan mewaspadai kelompok yang mau mengganti Idiologi Pancasila dengan paham lain. Waspadai kelompok garis keras yang mau merongrong kewibawaan dan keutuhan NKRI.


Ka Kesbangpol A.Didik Wibawanto S.Sos,MM dalam membuka sarasehan ini sangat prihatin melihat Generasi muda yang merupakan harapan bangsa. Mengucapkan Pancasila sebagai Dasar Negara saja tidak hapal, bagaimana mengaktualisasikan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Padahal anak Sekolah Dasar saja pada jaman dulu hapal, sekarang Mahasiswa maupun Pejabat banyak yang tidak hapal, bagaimana mengamalkannya?. Para kader PKK bisa melihat tayangan di Media Elektronik, sungguh sangat memalukan. Dasar Negara saja tidak bisa hapal, lambang Negara juga tidak tahu. Berawal dari itulah Kesbangpol bekerjasama dengan Kodim 0707/Wonosobo untuk memberikan ceramah Wawasan Kebangsaan kepada Kader PKK, dengan harapan sebagai modal dasar Bela Negara di lingkungan keluarga.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top