Bupati saat roadshow di Sawangan

WONOSOBOZONE - Aparatur desa harus punya mimpi bangun desa yang ideal yang bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat secara luas. Hal ini disampaikan Bupati Wonosobo, Kholiq Arif, dalam roadshow percepatan dana transfer desa, Jum’at, 9 Oktober sore di aula desa Sawangan, Kecamatan Leksono.

Terkait roadshow percepatan dana transfer desa, Bupati meminta, agar hal ini tidak disikapi sebagai bentuk kampanye pasangan calon pilkada tertentu, tapi murni untuk lebih mempercepat dan mengoptimalkan penyerapan Dana Transfer Desa (DTD) di Kabupaten Wonosobo.

Hal inilah yang membuat Bupati Wonosobo, Kholiq Arif, merasa perlu menemui Kades, Sekdes, Ketua BPD hingga Ketua TP PKK di setiap Kecamatan dengan memaparkan lagi Percepatan Pengelolaan Dana Transfer di setiap Kecamatan, demi mendorong Desa agar mereka lebih paham bagaimana pola penyerapan beserta penggunaan dana tersebut.

Bupati HA Kholiq Arif sendiri, dalam pemaparan terkait penyerapan dana transfer tersebut menekankan pentingnya Kades beserta perangkat desa lain untuk menyegarkan kembali ingatan mereka, terkait dana dalam jumlah besar yang bakal dialokasikan untuk pembangunan. Besaran dana yang jumlahnya terhitung sangat besar, yaitu 625 juta rupiah di tiap desa, sangat riskan bila tidak dipahami pola alokasinya.

Dengan pemahaman terbatas, Bupati bahkan menyebut Kades maupun perangkat desa bisa berurusan dengan hukum dan berakhir di balik jeruji besi, yang mana penggunaan dana transfer sudah diatur dengan jelas dan tegas, seperti untuk peningkatan kapasitas, sarana prasarana kantor, penguatan data informasi desa, perbaikan layanan, hingga optimalisasi potensi wisata maupun pembangunan sanitasi air bersih.

Melalui dana ke desa yang banyak setiap tahunnya, aparatur desa harus punya mimpi membangun sebuah desa yang ideal, dengan menggalang dan memetakan kekuatan yg ada, membangun percakapan yang luas antar aparatur desa, membangun forum pemimpin dan penghubung, mengkaitkan dengan peluang-peluang yang ada serta melakukan aksi baru kreatif. Hal ini menurut Bupati merupakan langkah kunci sukses perencanaan desa.

Ditegaskan Kholiq, desa bukanlah obyek belas kasihan para pengambil kebijakan di pusat dan daerah, desa adalah sekumpulan energi yang aktif, berdaya dan menginspirasi negara dan yang pasti semangat mereka tak akan pernah padam dan tanpa batas.

Salah satu upaya untuk menggali potensi desa dan memetakan kebutuhan, harapan, dan pengelolaan keuangan desa, dilakukan dengan mengenalkan sekolah pembaharuan desa yang meliputi 2 tahapan, yakni perumusan visi desa mandiri dan penyusunan roadmap tata kelola untuk mewujudkan desa mandiri, termasuk perumusan awal beberapa kewenangan skala lokal desa serta kegiatan "sekolah" atau media pembelajaran tentang perencanaan bagi desa yang bertujuan menjadikan desa sebagai desa model (laboratorium) dalam perencanaan desa.

Sementara, Camat Leksono, Abu Yamin menyampaikan, DTD tahap I di Leksono sudah selesai 100 persen, sementara untuk pencairan DTD tahap II sudah 80%. Selanjutnya untuk DTD tahap III, Abu meminta untuk percepatan SPJ dari Pemerintah Kabupaten menurunkan tim monitoring dan evaluasi serta tim pendampingan sehingga target paling lambat SPJ DTD tanggal 18 Desember 2015 bisa terpenuhi.

Menjawab harapan Camat Leksono, Kabag Pemerintahan Setda, Tri Antoro, menyampaikan, untuk pembinaan Dana Transfer ke Desa telah dibentuk tim pendamping kecamatan dengan Keputusan Camat, yang terdiri dari penanggung jawab, ketua, sekretaris, fasilitator desa (anggota) dan anggota. Tim Pendamping ini mempunyai tugas melaksanakan sosialisasi secara luas mengenai kebijakan, data dan informasi tentang dana transfer ke desa, memonitoring pengelolaan, melaporkan pelaksanaan dana transfer ke desa, mengevaluasi pelaksanaan dana transfer ke desa setiap tahunnya, membuka layanan kotak pengaduan masyarakat serta menindaklanjuti pengaduan masyarakat dan melaporkan kepada Bupati. 

Source: wsbkab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top