Zaenal Ahmad saat paparkan kesiapan Pilkada serentak 9   Desember 2015

WONOSOBOZONE - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Wonosobo memastikan kesiapan logistik yang diperlukan untuk menyukseskan Pilkada serentak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo pada 9 Desember 2015 mendatang. Kesiapan ini dipastikan anggota KPU Divisi Teknis Pemilu, Zaenal Ahmad, dalam rapat kordinasi kesiapan pilkada di hadapan anggota desk pilkada 2015, yang digelar Rabu, 21 Oktober di Ruang Tjokrohadisoeryo Setda.

Menurutnya, KPUD Wonosobo sudah mempersiapkan kesiapan logistik yang dibutuhkan, seperti surat suara yang disiapkan bagi 662.832 daftar pemilih tetap (DPT) yang akan mengikuti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015. Alokasi surat suara yang disediakan sejumlah 680.175 suarat suara. Jumlah alokasi ini didapat dari perhitungan jumlah DPT ditambah 2,5%. Penambahan dilakukan untuk mengantisipasi adanya surat suara rusak atau ada penambahan jumlah pemilih diluar DPT yang masuk dalam DPTb-1, DPPh atau DPTb-2.

Selain surat suara, pihaknya juga telah menyiapkan kotak suara di TPS, sejumlah TPS di Kabupaten Wonosobo, yakni 1.587 kotak suara. Kemudian bilik suara dan alat coblos sejumlah 3.174 bilik dan alat coblos, 3.174 tinta, segel, 3.174 alat untuk memberi tanda pilihan seperti paku, bantalan dan tali pengikat, termasuk kesiapan di 1.587 TPS yang tersebar di 15 kecamatan.

Logistik lain yang disiapkan adalah sampul kertas, tanda pengenal KPPS, petugas ketertiban dan saksi, lem/perekat, kantong plastik, ballpoint, gembok spidol, formulir dan sertifikat, stiker nomor kotak suara, tali pengikat alat pemberi tanda pilihan, alat bantu tuna netra, daftar pasangan calon, serta salinan DPT dan DPTb-1. Rencana produksi dan distribusi logistik di Kabupaten Wonosobo sendiri dimulai tanggal 5 Oktober sampai 8 Desemember 2015.

Disamping kesiapan logistik, Zaenal juga memaparkan tahapan-tahapan yang sudah dilalui KPUD maupun yang sedang dan akan dilaksanakan pihaknya, sehingga pelaksanaan pilkada serentak 2015 bisa berjalan sukses, termasuk regulasi berupa keputusan penetapan yang mengatur tentang penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo tahun 2015. Sampai akhir Oktober, KPUD Kabupaten Wonosobo telah menetapkan setidaknya 18 regulasi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo tahun 2015.

Adapun upaya untuk mendongkrak jumlah pemilih, dilakukan pihaknya dengan melakukan sosialisasi penyelenggaraan pemilihan, yang mana sosialisasi dilakukan sebagai proses penyampaian informasi tentang tahapan dan program penyelenggaraan pemilihan ke titik-titik yang menjadi target pemilih potensial, seperti di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi. Salah satu sosialisasi yang dilakukan, selain menggandeng media massa untuk publikasi dan pemberitaan, juga dilakukan sosialisasi berupa komunikasi tatap muka.

Komunikasi tatap muka dilaksanakan oleh KPUD melalui rakor, diskusi, dialog, ceramah, bintek, dan simulasi. Selain dilaksanakan oleh petugas dari KPUD, komunikasi juga dilaksanakan oleh PPK sebanyak 3 kali kegiatan dan dilaksanakan oleh PPS sebanyak 2 kali kegiatan.

Zaenal menambahkan, pembentukan badan penyelenggara juga telah disiapkan. Dimulai dengan melantik 75 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 16 Mei 2015, dilanjutkan dengan pelantikan 795 anggota panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 18 Mei 2015, serta akan diteruskan dengan pembentukan KPPS sejumlah 11.109 KPPS, yang mana angka didapat dari perkalian 1587 TPS dengan 7 orang yang akan bertugas di tiap TPS. Termasuk dengan menunjuk petugas ketertiban dan keamanan sejumlah 3.174 KPPS, atau 2 orang di tiap TPS. Dua agenda terakhir ini dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 9 September sampai 8 November.

Ketua KPUD Kabupaten Wonosobo, Ngarifin Shiddiq menambahkan, untuk penetapan pasangan calon terpilih akan dilakukan antara tanggal 21 Desember sampai 22 Desember 2015, dan jika timbul perselisihan akan ditetapkan antara tanggal 12 Februari sampai 13 Maret 2016 atau pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top