Wabup tanam Keben di kawasan perkemahan kalianget

WONOSOBOZONE - Kawasan bumi perkemahan seluas 300 meter persegi di taman rekreasi kalianget akhirnya diresmikan menjadi arberotum, Jumat (30/10). Peresmian oleh Wakil Bupati, Maya Rosida tersebut menandai dimulainya era plasma nutfah, budidaya tanaman langka, yang kelak diproyeksikan mampu menjelama menjadi arena wisata alam edukatif untuk para pelajar. Harapan akan bisa terealisirnya wahana wisata edukatif tersebut  dikemukakan Maya setelah porsesi penanam pohon Keben bersama suaminya, Slamet Tugiyono. “Kami optimis, dengan dukungan iklim di kawasan Kalianget ini, arberotum bisa tumbuh subur sesuai yang kita rencanakan bersama,” kata Maya.

Keberhasilan arberotum, yang menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Muawal Soleh telah masuk dalam RPJMD 2010-2015, akan membawa efek positif bagi proses mewujudkan lingkungan Wonosobo yang lestari. “Secara kebetulan saat ini kita semua tengah merasakan dampak dari perubahan iklim yang cukup ekstrem, berupa kemarau berkepanjangan, yang secara alamiah juga mengurangi ketersediaan air,” terang Maya. Adanya upaya membangun arberotum, dikatakan Wabup akan mampu menanggulangi krisis serupa di masa mendatang. Selain itu, dengan semakin banyaknya tumbuhan di kawasan penyangga seperti Wonosobo ini, menurut Maya juga membawa dampak luas terhadap terpenuhinya ketersediaan air bagi daerah-daerah di bawahnya.

Harapan Wakil Bupati itu selaras dengan tujuan Dinas Lingkungan Hidup mendirikan Arberotum. Diungkapkan Muawal Soleh, keberadaan Arberotum memang ditujukan sebagai media pelestarian tanaman langka, pelestarian tanaman jenis spesifik, wahana rekreasi edukatif, dan sebagai media pendidikan dan  penelitian bagi semua pihak yang tertarik dengan kelestarian alam.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top