Ajang Kreasi Anak Panti
 WONOSOBOZONE - Tak kurang dari 100 anak dari 14 panti asuhan se-Kabupaten Wonosobo, menunjukkan kebolehan mereka dalam bidang seni dan budaya di SLB Don Bosco, Minggu (4/10). Pertunjukan kesenian dan beragam jenis kreasi tersebut digelar oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Wonosobo, demi meneguhkan eksistensi anak panti, serta menumbuhkan kepercayaan diri mereka.

Ketua LKSA, Saliman menyebut  upaya pihaknya memfasilitasi anak anak panti tersebut tak lepas dari masih adanya stigma, anak panti asuhan kurang diperhatikan bakat dan minatnya, sehingga mereka kurang optimal mengembangkan diri. "Kita sengaja mengundang panti asuhan se Wonosobo untuk menampilkan kreasi anak-anak, sehingga mereka bisa menunjukkan, bahwa keterbatasan yang ada, tak menghalangi tumbuh kembangnya", jelas Saliman di sela acara. Selain memupuk kepercayaan diri anak panti, ajang unjuk kreatifitas yang diisi pula dengan training motivasi tersebut, dikatakan Saliman menjadi media menggali potensi. "Selama ini anak panti identik dengan kurangnya fasilitas unjuk kreasi dan bakat, sehingga potensinya tak tergali secara optimal", terang pria yang juga menjabat sebagai Lurah Mudal itu.

Harapan Ketua LKSA tersebut bak gayung bersambut dengan Kepala Bagian Sosial dan Kesra Setda, Eko Suryantoro. Dalam sambutan di awal acara, Eko yang hadir mewakili Bupati juga menyebut anak anak panti selayaknya memiliki kesempatan yang sama dengan anak lainnya. "Pemerintah Kabupaten Wonosobo, bersama mitra strategis seperti LKSA maupun lembaga lain, terus berupaya mendorong agar eksistensi anak anak panti bisa terwadahi dalam media yang pantas seperti yang kita saksikan hari ini", ungkap Eko. Kepada para pengurus panti asuhan, Eko juga melontarkan pesan dan himbauan  agar mereka benar benar memperhatikan anak asuhnya secara layak. "Tak hanya soal makan dan kebutuhan pokok harian saja, panti juga sewajarnya memberikan fasilitas pendukung kreatifitas anak", pungkas Eko.

Senada, anggota DPRD dari Komisi D, Handayani juga mengakui, kreatifitas berupa unjuk kemampuan menari, bermain rebana, hingga theater yang ditunjukka  anak anak panti di ajang unjuk kreasi, layak diapresiasi. "Kami dari dewan juga seoptimal mungkin memberikan dukungan terhadap upaya upaya memajukan panti, agar mereka juga bisa mendapat hak pendidikan dan pengembangan diri yang sama dengan anak lain di luar panti", tutur legislator perempuan dari Partai Nasdem tersebut. Ke depan, Handayani juga berharap agar lembaga swadaya seperti LKSA semakin sering menggelar acara serupa.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top