Tim Gabungan tempel stiker sosialisasi cukai

           WONOSOBOZONE -  Petugas gabungan dari Tim Penyampaian Informasi Barang Kena Cukai Ilegal Kabupaten Wonosobo yang dikoordinir Sat Pol PP dan Linmas, bersama Polres, Kodim, Kesbangpol, dan Bagian Hukum Setda lakukan Patroli Wilayah untuk monitoring dan sosialisasikan aturan berkaitan dengan Barang kena Cukai, khususnya pita cukai rokok, ke pasar dan toko kios, sesuai dengan Pasal 54 UU No.11 Tahun 1995 jo UU No. 39 Tahun  2007 Tentang Cukai.

Dalam patroli pemantauan yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai Rabu sampai Jum’at, 30 September sampai 2 Oktober, pemeriksaan difokuskan pada berbagai merek rokok yang kurang terkenal serta pita cukai rokok yang sudah melewati batas waktu, dan selanjutnya dilakukan penempelan stiker di toko dan kios sebagai sarana sosialisasi dan himbauan agar para penjual mengetahui kondisi pita cukainya lebih dahulu sebelum menjualnya.

Kasi Tramtib SatPol PP, Sunarso, saat melakukan pantauan di pasar Wadaslintang menyampaikan untuk sementara tim gabungan masih sebatas melakukan patroli wilayah untuk memonitoring dan memantau serta melakukan pemeriksaan yang dibarengkan dengan melakukan sosialisasi.

Sosialisasi sendiri baru sebatas pada penyampaian informasi dengan melakukan sosialisasi ke toko-toko untuk memeriksa keaslian pita cukai rokok yang dijual, dan kepada penjual rokok diminta untuk memperhatikan pita cukainya terlebih dahulu sebelum dijual.

Sunarso menambahkan, jika ditemukan penjual rokok yang kedapatan menjual rokok yang pitanya sudah melewati tanggal berlaku, atau tidak sesuai peraturan akan di ambil dengan dibeli, namun jka ditemukan dengan jumlah banyak akan didata dan kemudian akan dikoordinasikan dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta untuk tindakan lebih lanjut.  

Operasi sendiri dilakukan di Kecamatan Wadaslintang dan Kaliwiro sebanyak 11 kios, Kecamatan Kepil dan Sapuran sebanyak 30 kios, serta Kecamatan Kejajar dan Garung sebanyak 27 kios. Dalam operasi kali ini hanya ditemukan sebungkus rokok Filter tanpa pita cukai. Rencananya, untuk operasi selanjutnya akan dilakukan di kecamatan lain beberapa hari setelah operasi kali ini.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top