Keluarga jemput jamaah haji kloter 33

WONOSOBOZONE - Rombongan Jamaah Haji Kabupaten Wonosobo yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 33, Minggu 11 Oktober sore, tiba kembali di Wonosobo, maju satu jam dari jadwal kepulangan yang direncanakan.

Menurut TPHI kloter 33, Saiful Rohman, majunya jadwal karena adanya perubahan jadwal penerbangan di Mekkah, maju satu jam dari jadwal awal, sehingga sampai di bandara Adi Soemarmo Solo, dari jadwal awal pukul 09.30 WIB menjadi 10.30 WIB.

Hal ini, menurutnya menjadi berkah tersendiri, khususnya bagi para jamaah yang ingin segera bertemu dengan keluarga, termasuk para keluarga jamaah haji yang sudah rindu bertemu anggota keluarga yang berangkat menunaikan ibadah haji. Apalagi di tahun ini, termasuk banyak ujian yang harus dihadapi jamaah haji. Mulai dari faktor alam, seperti serangan cuaca panas, badai pasir sampai ancaman penyebaran virus MERS melalui udara. Serta faktor lain diluar kondisi alam, yakni jatuhnya crane raksasa serta tragedi Mina yang berakibat jatuhnya ratusan korban calon jamaah haji, termasuk dari Indonesia.

Saiful dalam laporannya juga menyebutkan bahwa rata-rata jamaah haji Wonosobo, dapat melaksanakan ibadah dengan lancar, dan tidak ada masalah berarti selama 40 hari di Tanah Suci. Hanya saja, kebanyakan jamaah haji menderita sakit flu dan batuk setelah pelaksanaan Wukuf di Arafah. Total dari 172 orang jamaah haji asal Wonosobo yang tergabung dalam kloter 33, kembali ke Wonosobo sebanyak 171 orang. 1 orang meninggal karena sakit dan dimakamkan di Mekkah.

Hal ini juga diungkapkan oleh Margiono (53) asal Asli Permai, bahwa dirinya tidak mengalami kendala berarti pada saat menjalani rangkaian proses ibadah haji, namun usai Wukuf, baru terasa gejala penyakit batuk yang masih terasa hingga tiba kembali di tanah air.

Asisten Pembangunan Sekda, Amin Suradi, saat menerima rombongan kloter 33 di Pendopo Kabupaten, mengungkapkan rasa syukurnya, atas kembalinya para Tamu Allah dari Kabupaten Wonosobo dalam kondisi baik, meski ada satu jamaah yang meninggal dunia yaitu atas nama Gatot Wagiman bin Mertosetiko, usia 70 tahun asal Kp. Prajuritan Bawah RT.07 RW.10, Kecamatan Wonosobo.

Ia berharap, para jemaah bisa memelihara kemabruran haji dengan senantiasa mengamalkan ajaran Rasulullah, menyantuni anak yatim dan fakir miskin, serta senantiasa menyebarkan kedamaian dan keselamatan. Selain haji yang dilaksanakan mampu memberi kebaikan bagi diri, keluarga dan masyarakat.

Menurut Amin, haji yang mabrur pada hakikatnya adalah haji yang membuat pelakunya semakin peduli terhadap persoalan-persoalan sosial dan kemanusiaan, serta mengamalkan akhlaqul karimah pada saat menjalankan haji, maupun dalam kehidupan sehari-hari setelah pulang dari tanah suci

Ibadah haji sendiri memiliki tujuan yang sangat jelas, yakni membangun rasa hamba kepada Allah dalam diri manusia, sehingga manusia patuh kepada Allah SWT dan melepas segala jenis kesombongan dan noda-noda dalam dirinya, baik yang berhubungan dengan kekuatan, pangkat, jabatan maupun harta benda yang kita miliki.

Setelah ini, para jamaah haji akan kembali ke tengah keluarga, ke tengah masyarakat, dan kembali menjalani rutinitas sehari-hari, sehingga gelar haji dan hajjah yang disandang mereka, bisa menjadi motivasi untuk menjadi semakin berkualitas baik dalam hal beribadah, bersilaturahim, maupun dalam  bekerja.

Amin juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para petugas haji, baik dari pusat maupun daerah, serta Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo, atas penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Wonosobo tahun ini. Termasuk jika ditemui kekurangan dan kelemahan dalam pelayanan dan penyelenggaraan haji Kabupaten Wonosobo tahun 2015, pihaknya, atas nama Pemerintah Kabupaten Wonosobo memohon maaf dan tidak menjadi ganjalan yang berarti bagi para jamaah haji. Meski Amin meminta hal ini bisa menjadi motivasi dan cermin bagi penyelenggaraan haji tahun-tahun mendatang, agar lebih berkualitas dan meminimalisir segala kekurangan penyelenggaraan haji sebelumnya.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top