WONOSOBOZONE - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2015 yang berhasil  menyelesaikan rolak jalan melebihi target, secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Wonosobo, Dra. Maya Rosida, MM, yang ditandai dengan penyerahan sekop secara simbolis dan pemukulan gong. Bertempat di lapangan Desa Manggis Kecamatan Leksono, Rabu, 28/10.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 21 hari tersebut melibatkan tak kurang dari 160 orang, dari unsur TNI, warga masyarakat setempat, anggota POLRES, hingga para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Kecamatan Leksono.

Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Wonosobo, Erna Yuniawati, mengungkapkan, bahwa untuk TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2015 di Desa Manggis merupakan TMMD Reguler ke 95, dengan fokus kegiatan menyasar sektor fisik dan non fisik.

Untuk sektor fisik, terealisasi pembangunan rolak telasah sepanjang 800x3 meter, itu melebihi target awal 734,23 dengan lebar 3 meter, pekerjaan gorong-gorong plat di 1 lokasi dengan ukuran 0,60 x 0,60 x 6,50, TNI bersama warga masyarakat juga memperbaiki 1 mushola dan 1 pos keamanan lingkungan (Poskamling) yang terletak di desa Manggis. 17 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga telah direhab menggunakan dana APBD Kabupaten Wonosobo.  Serta pembuatan jambanisasi bagi masyarakat sejumlah 5 buah.

Sementara, untuk sektor non fisik, TMMD memfokuskan kegiatan pada penyuluhan kepada masyarakat, terkait bela negara, wajardikdas 12 tahun dan pemberantasan buta aksara, KB dan kesehatan, penanganan kamtibmas, seputar pertanahan dan hukum perkawinan, dengan pemateri berasal dari KODIM, disdikpora, Badan KB, Dinas Kesehatan, POLRES,  Kantor Pertanahan dan kantor Pengadilan Agama.

Dengan adanya kegiatan baik fisik maupun non fisik tersebut, tujuan TMMD dalam rangka membantu akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan territorial, mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 21 hari tersebut, menghabiskan dana sebesar 448 juta, yang berasal dari APBD Provinsi sebesar 250 juta, APBD kabupaten 100 juta dan swadaya masyarakat 98 juta.

Maya Rosida, saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah menyampaikan, inilah kemanunggalan, inilah kesengkuyungan, inilah kegayengan. inilah yang saya harapkan dari semua elemen masyarakat, bersatu padu, guyub rukun saiyeg sak ekoproyo mbangun jawa tengah. nek wis koyo ngene, mudah -  mudahan, segala permasalahan yang ada segera bisa diselesaikan. contoh gampang, pada daerah terpencil dengan kondisi kategori miskin, maka TNI dengan peran dan fungsi teritorialnya, dapat mendayagunakan unsur geografi, demografi, dan sosial menjadi ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara. TNI dengan kepekaan dan kepedulian sosialnya, bisa mengembangkan komunikasi sosial dan memberdayakan masyarakat sekitar untuk bergotong royong, serta menyosialisasikan dan menanamkan kesadaran Bela Negara, karena NKRI adalah harga mati. dengan kondisi fisiknya yang terjaga, TNI dapat membantu percepatan penyelesaian pembangunan fisik.

Maya juga menambahkan atas diselesaikannya kegiatan TMMD reguler 95 dan sengkuyung tahap II tahun 2015 di desa manggis kecamatan leksono ini, diharapkan segala sesuatu yang telah dilakukan baik kegiatan fisik maupun non fisik, agar dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya, demi peningkatkan kualitas hidup khususnya bagi masyarakat desa Manggis dan sekitarnya, serta masyarakat Leksono pada umumnya. Semoga bisa menjadi rangsangan positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat wilayah Manggis Leksono dan desa-desa di sekitarnya.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top