WONOSOBOZONE - Kabupaten Wonosobo rawan pernikahan usia dini, usia rata rata perempuan menikah di Wonosobo 16,7 tahun. Itu menyebabkan berbagai masalah kependudukan. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Wonosobo, Junaedi, SKM. M.Kes, pada acara Review Program Kependudukan Dan Keluarga Berencana Kabupaten Wonosobo Tahun 2015. Bertempat di RM. SariRasa, Senin, 26 Oktober 2015.

Junaedi juga menyampaikan bahwa pernikahan di usia dini akan memunculkan berbagai permasalahan sosial dan kependudukan, seperti bayi kekurangan gizi, masalah tumbuh kembang anak, pendidikan hingga masalah perceraian yang angkanya semakin tinggi di Kabupaten Wonosobo, yang disebabkan oleh pernikahan dini. Pada dasarnya mereka belum siap untuk membina sebuah keluarga. Factor budaya dan adat yang masih kuat melekat di tengah masyarakat, juga menentukan tingginya angka pernikahan dini di Kabupaten Wonosobo.

Oleh karena itu perlu ditekankan, bahwa program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga merupakan program strategis yang harus menjadi perhatian bersama, serta menuntut seluruh stakeholders untuk terus bekerja keras secara sinergis, terarah, tepat sasaran serta berkesinambungan, terutama dengan lebih mengoptimalkan berbagai program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta penanganannya harus dilakukan secara multi sektor dan bersinergi.

Sementara pada kesempatan itu sekretaris BAPPEDA Kabupaten Wonosobo, Asngari, dalam paparan materinya menyampaikan arah kebijakan Perencanaan Pembangunan Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Wonosobo. Sinkronasi kebijakan dalam rangka pengendalian kuantitas dan peningkatan kualitas penduduk, Pemenuhan kebutuhan alat dan obat kontrasepsi, Peningkatan kualitas layanan KB, Peningkatan jumlah dan kapasitas tenaga lapang KB dan petugas kesehatan pemberi layanan KB, Penguatan kapasitas kelembagaan KB di tingkat masyarakat, Penguatan ketahanan dan pemberdayan keluarga, Advokasi kesehatan reproduksi bagi remaja.

Acara ini dikuti oleh 120 orang dari dinas instansi terkait, BKKBPPPA, Koalisi Kependudukan, Fapsedu, Pusat studi kependudukan dan keluarga berkualitas UNSIQ, PKBD, PIK Remaja, Mahasiswa, BPC AKU.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top