WONOSOBOZONE - Potensi Wonosobo yang berlimpah, terutama di tiga sektor utama penyokong PDRB membuat terkagum 28 orang korps diplomatik yang berkunjung ke Wonosobo. Hal ini diungkapkan perwakilan duta besar Laos, Prasith Sayasith, saat beramah tamah dengan Bupati Wonosobo bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Pemprov Jateng, Sabtu, 6 Juni malam, di Aula Pertemuan PT.Tambi Kejajar.

Menurutnya tiga sektor utama yakni sektor pertanian, jasa-jasa, serta perdagangan, hotel dan restoran yang menjadi bagian usaha pariwisata ini merupakan berkah dari kondisi geografis Wonosobo yang sangat kaya dan melimpah dengan berbagai produk khasnya.

Seperti kunjungan sebelumnya di UMKM pengolahan carica, Yuasa Food, seluruh anggota korps diplomatik dari 20 negara ini tertarik dengan paparan yang disampaikan Bupati Wonosobo, Kholiq Arif, dan akan ditindaklanjuti dengan penjajakan kerjasama di beberapa bidang, seperti pertanian, peternakan, dan pariwisata.

Bupati Wonosobo. Kholiq Arif, sendiri memaparkan berbagai sektor yang menjadikan Wonosobo sebagai daerah pro investasi. Seperti pada sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura, yang mana komoditas unggulan yang mampu mengangkat pertumbuhan perekonomian masyarakat pertanian adalah tanaman pangan dan seleraria, serta Hortikultura, dengan unggulan antara lain kentang, cabe, bawang daun, bawang putih, salak dan durian.

Selain memperkenalkan sumberdaya hutan di Kabupaten Wonosobo, yang terdiri dari kawasan hutan lindung seluas 3.953,60 ha, suaka alam atau hutan wisata seluas 43,70 ha, hutan produksi tetap seluas 11.148,98 ha dan hutan produksi terbatas seluas 4.546,08 ha, serta hutan rakyat seluas 19.481,58 ha, Bupati juga memperkenalkan Dombos, yang merupakan domba khas Wonosobo yang dihasilkan dari persilangan Domba Texel dengan Domba lokal Wonosobo. Ternak ini sendiri dikembangkan di 8 Kecamatan, yakni Kalikajar, Kertek, Kejajar, Garung, Kaliwiro, Leksono, Sukoharjo, dan Watumalang, dengan populasi saat ini mencapai 94.261 ekor.

Sedangkan di sektor pariwisata, Bupati memperkenalkan wisata unggulan kawasan wisata Dieng, tradisi ruwat rambut gembel, serta berbagai makanan khas Wonosobo.

Para anggota korps diplomatik menari lengger bersama


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top