WONOSOBOZONE - Pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah selesai diperiksa dan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Jawa Tenga mengeluarkan opini wajar dengan pengecualian, alias WDP. Saat menerima rombongan pejabat Dinas Pengelola Pendapatan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Ponorogo, di Sekretariat Daerah, Kamis (4/6) Asisten Administrasi Setda, Drs Sumaedi MM mengatakan bahwa kendala tata kelola asset daerah, menjadikan status  opini tersebut belum bisa sesuai target, yaitu wajar tanpa pengecualian (WTP).

Keinginan mewujudkan opini WTP untuk pengeloaan keuangan dan asset daerah, menurut Sumaedi tak lepas dari kewajiban untuk mengedepankan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik. “Prinsip good budget government yang menerapkan terus kita upayakan demi tercapainya peningkatan pendapatan”, terang Sumaedi. Selain meningkatkan pendapatan daerah, upaya tersebut juga mencakup efektivitas serta optimalisasi potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Sejalan dengan hal tersebut, asisten III Sekda itu juga mengatakan bahwa penyusunan rancangan APBD Kabupaten Wonosobo salah satunya dibangun melalui penyusunan kebijakan umum anggaran (KUA), yang berfungsi sebagai salah satu penentu kapabilitas dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah. “Pendapatan asil daerah (PAD), yang kini masih berada di angka sekitar 150 Milyar akan terus kita tingkatkan melalui berbagai sumber, agar target-target pembangunan daerah juga bisa tercapai lebih cepat”, tegas Sumaedi.

Penjelasan Ass III tersebut sekaligus menanggapi tujuan kunjungan kerja DPPKAD Kabupaten Ponorogo, yang bermaksud belajar dan berbagi pengetahuan mengenai pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah. Meski secara jumlah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sudah lebih besar daripada Kabupaten Wonosobo, kunker tersebut, seperti dikatakan Kepala Bidang Pendapatan Agus Sugiharto, akan dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah secara lebih baik di masa-masa mendatang.


source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top