WONOSOBOZONE - Agar tidak terjadi penumpukan paket kegiatan di periode tertentu untuk dilelangkan, Organisasi Perangkat Daerah diminta aktif berkoordinasi dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP) BAPPEDA. Hal ini diungkapkan Kepala BAPPEDA, One Andang Wardoyo, saat membuka sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa, Selasa, 9 Juni di Ruang Pertemuan BAPPEDA.

Menurut Andang, hal ini perlu dilakukan mengingat serapan kegiatan yang dilaksanakan masih cukup rendah, selain jumlah fungsional ULP yang masih terbatas, yakni baru 5 orang. Menurut data di Bagian Pengendalian Pembangunan dan LPSE, dari jumlah total 2.026 paket pengadaan barang dan jasa yang ada, sebanyak 247 paket pekerjaan dilakukan dengan proses lelang. Dari jumlah paket tersebut, baru 21 paket yang baru selesai proses lelangnya.

Hal ini menjadi tugas berat Pangguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Untuk itu pihaknya mengundang 75 PA/KPA/PPTK untuk bersama-sama membahas solusi penyelesaian paket pekerjaan tersebut, sembari memberi pembekalan mereka agar tidak menyalahi undang-undang dan tidak menimbulkan konsekuensi hukum.

Sementara itu, Sih Widiyanto, fungsional ULP Wonosobo, yang tampil sebagai pemateri mengungkapkan tahapan pengadaan barang jasa pelelangan secara elektronik yang dimulai dengan persiapan di OPD berupa pembuatan pengumuman melalui SIRUP, penyusunan KAK (Kerangka Acuan Kerja ) oleh PA, PPK  Menyiapkan HPS, gambar dan RAB, spesifikasi teknis, draf kontrak, SSUK dan SSKK, dilanjutkan tahap pemilihan penyedia di UPT ULP dan tindak lanjut pelaksanaan kontrak di OPD.

Sedangkan Triyatmo Budi Waluyo, dari fungsional ULP Wonosobo, yang juga tampil sebagai pemateri, mengungkapkan dalam kontrak pekerjaan swakelola, PPK mengadakan kontrak dengan pelaksana swakelola pada instansi pemerintah lain, atau dengan pelaksana swakelola berdasarkan Nota Kesepahaman atau Kontrak dengan kelompok masyarakat.

One Andang saat Membuka Sosialisasi

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top