WONOSOBOZONE - Menindaklanjuti  latihan gabungan Penyelamatan Evakuasi dan Penanganan Pengungsi (PEPP) yang dilaksanakan pada 30 dan 31 Mei, BPBD Kabupaten Wonosobo kembali selenggarakan Latihan Gabungan Optimalisasi Penanggulangan Bencana sebagai bagian pembentukan Tim Inti Penanggulangan Bencana, Jumat (12/07) bertempat di lapangan pacuan kuda Tawangsari.

Ratusan personil berseragam Oranye dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo bersama personil Damkar, Kodim 0707, Polres, Satpol PP, Tim SAR, PMI, beberapa instansi terkait, Akademisi bidang kesehatan, serta kelompok dan organisasi masyarakat menggelar latihan penanganan bencana. Materi yang diperagakan kali ini seputar penanganan kebakaran, yang diikuti tidak kurang dari 100 orang peserta, dengan diawali apel bersama dipimpin oleh Danramil Kertek Kapten.Inf.Sugeng, yang juga bertindak selaku koordinator lapangan (korlap) dan instruktur. Selain materi penanganan kebakaran, juga diberikan teori dan praktek pemasangan tenda yang efisien dan cepat.

Setelah pelatihan ini, Kapten.Inf.Sugeng, berharap apabila terjadi bencana maka proses penangannya bisa cepat teratasi sehingga korban bisa diminimalisir.  Dan yang tidak kalah penting, dengan mengetahui penanggulangan, maka mereka diharapkan akan lebih waspada terhadap lingkungan disekitarnya, selain jika terjadi tanda – tanda akan terjadi bencana alam diharapkan bisa mendeteksi sedini mungkin.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo, Prayitno, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar personil yang tergabung dalam latihan penangulangan bencana alam kali ini nantinya menjadi Tim Inti Selter Kabupaten yang harus siap siaga setiap saat jika dibutuhkan sewaktu-waktu.  Setelah pembekalan kali ini diharapkan mereka bisa mengetahui apa yang harus dilakukan di saat terjadi bencana yang datang tiba-tiba melanda wilayah Wonosobo dan sekitarnya, serta kesiapan masing masing instansi dalam penanganan bencana alam baik sarana maupun prasarana dalam mengantisipasi dan mengatasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Wonosobo sampai pada penanganan korban bencana alam dan penanganan pengungsi.

Ia menambahkan, Wonosobo merupakan salah satu daerah yang berpotensi terjadinya kerawanan bencana alam seperti angin puting beliung, tanah longsor, kebakaran dan lain sebagainya sehingga latihan gabungan ini sangat perlu dan harus dilakukan sebagai bentuk tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka antisipasi dan kesiapsiagaan baik sarana, maupun kesiapan sumber daya personil agar dapat di implementasikan secara baik dan untuk mempererat sinergitas kerja sama seluruh stake holders dalam membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Latihan Siaga Bencana

Source : wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top