WONOSOBOZONE - UMKM adalah sebagai kunci daya angkat ekonomi kerakyatan, dan daya anngkat kesejahteraan ekonomi yang utama adalah pendidikan dan kesehatan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Wonosobo, Dra. Maya Rosida, MM, pada acara Workshop Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Serta Pemasaran Bagi UMKM Binaan GOW Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Gedung Wanita Wonosobo, Jum’at, 05 Juni 2015.

Maya Rosida juga menyampaikan bahwa Soko Guru atau Pilar Utama Indonesia adalah Koperasi dan UMKM. Dan untuk menjadi pilar utama sebuah Negara tidaklah mudah, dituntut kerja keras dan kemandirian untuk menjadikan koperasi dan UMKM yang baik dan maju. Karena usaha mikro yang dilaksanakan dengan baik dan benar nantinya akan mengalahkan kapitalisme. Dan diharapkan kepada semua masyarakat, generasi muda dan khususnya kaum perempuan jangan hanya tergantung dari satu sisi saja, tetapi harus mempunyai jiwa entepreneurship. Karena entepreneurship merupakan daya ungkit kesejahteraan. Bagaimana kaum perempuan memanfaatkan waktu luang untuk bisa bergerak, berkreasi dan berinovasi membantu perekonomian keluarga dengan jiwa entepreneurship atau berwirausaha melalui UMKM.

Sementara pada kesempatan itu Ketua BOKW Provinsi Jawa Tengah, dr. Tuti Hendrawan, menyampikan bahwa di dalam dunia usaha sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai pemasaran, agar usaha yang ditekuni dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Maka teknik pemasaran adalah kunci keberhasilan dan penjualan produk. Maka wonosobo sebagai penghasil komoditi holtikultura unggulan seperti kentang dan carica, harus mampu mengelolanya agar mempunyai nilai ekonomi tinggi. Semua itu harus dibarengi dengan memiliki ketrampilan mengolah, kreasi dan tentunya juga harus baik serta menarik dalam penampilan kemasannya. Jadi sebagai pengusaha juga harus memiliki manajemen pemasaran dan keuangan yang modern dan baik, karena biasanya usaha akan sulit berkembang manakala dikelola secara konvensional.


Workshop diikuti oleh sekitar 90 orang perwakilan dari 39 organisasi wanita se Kabupaten Wonosobo. Dan sebagai narasumber adalah Suprapto dari Disperindag Provinsi Jawa Tengah, yang menyampaikan materi Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan serta Pemasaran UMKM, aspek pemasaran, produksi, SDM dan keuangan. Sri Harwiyanti, SH dari BKOW Provinsi Jawa Tengah yang menyampaikan materi, Menjadi Wanita Pengusaha Mandiri dan materi boga mengenai Aneka macam produk olahan kentang bernilai ekonomis. (fjr)

Wakil Bupati, Dra. Maya Rosida, MM menyampaikan sambutan

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top