WONOSOBOZONE – Karena peraturan Undang-undang no 1 th 1974 yang menerangkan bahwa batas umur minimal pernikahan adalah 16 tahun. Hal itulah yang menjadi tantangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (BKKBPA) untuk terus mnsosialisasikan kepada para remaja tentang pernikahan dini.

Seperti yang dilakukan BKKBN Wonosobo melalui Forum Remaja Wonosobo (FRW) mengadakan Orientasi Pengelolaan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan Mahasiswa bagi pengelola program generasi sehat (genre) Kabupaten Wonosobo tahun 2015 di Gedung Serbaguna resto Ongklok Bugangan Wonosobo bersamaan dengan rakor teknis imsyakiyah oleh kemenag Wonosobo.


Acara tersebut diikuti oleh 4 Kelompok PIK terbaik dari 69 kelompok PIK di Wonosobo. 4 kelompok itu adalah PIK Unsiq, PIK Ma’arif sapuran, PIK SMA Negeri 1 Kali Wiro, PIK SMP 1 Wadas Lintang. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 peserta dan satu guru pembimbing.

"Saya merasa senang bisa menjadi anggota PIK karena dapat menambah informasi yang bisa menunjang kegiatan belajar saya di kesehatan sekaligus lebih berhati-hati dalam pergaulan", ucap Desi Ratna salah satu peserta dari PIK Unsiq kepada wonosobozone.com

Dalam event tersebut para peserta mendapat sosialisasi tentang TRIAD KRR yaitu 3 (tiga) resiko atau 3 masalah yang akan/sering dihadapi oleh kaum remaja. Tiga masalah itu adalah Napza, HIV/Aids dan Seksualitas. Selain itu peserta juga mendapatkan materi tentang pendewasaan usia perkawinan dan juga beberapa fungsi keluarga.

Triadna Agus Nugraha selaku Kepala UPT BKKBPPA Kecamatan Watumalang sekaligus Pembina FRW menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat muncul kelompok-kelompok baru sehingga dapat memperluas jangkauan dan juga dapat menurunkan angka pernikahan dini pada remaja.


Menurut Ketua FRW Vian, kendala dalam mensosialisasikan PIK kepada remaja adalah kurangnya dukungan dari pemerintah baik berupa materi ataupun dukungan yang lainnya. Oleh karenanya untuk mensiasati hal tersebut, para kelompok berinisiatif menjalin kemitraan dengan berbagai LSM dan juga berbagai ihak serta membentuk ekonomi produktif seperti budidaya ikan, kerajinan dari flannel, sabun dan lain-lain. Sehingga dengan begitu kegiatan tetap dapat berjalan. apr

foto:apr

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top