WONOSOBOZONE - GOPTKI  selenggarakan salah satu program kerjanya berupa pemberian pemahaman kurikulum TK/PAUD 2013 kepada 250 guru TK/PAUD se Wonosobo, dalam acara Workshop Kurikulum 2013 dan Rencana Pembelajaran Bagi Guru TK / PAUD se-Kabupaten Wonosobo selama dua hari di Aula Rumah Makan Sarirasa, 10 sampai 11 Juni.

Ketua GOPTKI Kabupaten Wonosobo, Ny.Wati Eko Sutrisno, dalam sambutannya  mengatakan, latar belakang digelarnya workshop, karena GOPTKI sebagai organisasi penyelenggara TK di Indonesia, perlu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dan meningkatkan kualitas pendidiknya melalui pebelajaran dan pemahaman tentang kurikulum 2013. Selain itu, hal ini dilakukan agar pondasi pendidikan terbaik dapat melekat di kemudian hari, dengan memahami kebutuhan anak dan memberikan kesempatan dalam pengembangan diri anak sesuai potensi masing-masing.

Selain itu dengan adanya workshop ini diharapkan mampu memberi ilmu dan wawasan baru bagi tenaga pendidik dalam menyusun, melaksanakan program pembelajaran, yang mengacu pada Kurikulum 2013 PAUD, serta standar pendidikan anak usia dini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Syamsul Maarif mengungkapkan, usia PAUD merupakan tahap emas (golden age) pertumbuhan anak. Dalam tahap ini proses pertumbuhan awal anak ditentukan oleh bagaimana orang tua dan guru TK mengarahkan pembentukan karakter si anak, dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.


Adapun narasumber yang didatangkan, Suliyem, dari Semarang, menyampaikan materi kurikulum 2013 PAUD yang akan diterapkan secara wajib pada tahun ajaran 2015/2016. Untuk itu, para guru perlu diberi pemahaman yang detail mengenai kurikulum baru tersebut. Dia menjelaskan, perbedaan dengan kurikulum sebelumnya, yaitu penekanan terhadap sikap dan karakter yang cenderung ingin membentuk akhlak budi pekerti anak.

Kepala Dikbudpora Beserta Narasumber dalam workshop Kurikulum 2013

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top