WONOSOBOZONE Himbauan bagi masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terkait situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban di sekitar tempat tinggal, masih bergaung di forum silaturahmi Pemkab dengan warga yang mengikuti taraweh keliling. Hal itu tampak ketika pada Rabu malam (24/6), 5 tim tarling pemkab Wonosobo menyambangi 4 Masjid di 4 wilayah berbeda. Tim pertama yang sedianya dipimpin Bupati Wonosobo menyambangi Masjid Al Istiqomah, Munggang atas, Kelurahan Kalibeber, Kecamatan Mojotengah termasuk yang menjadikan isu Kamtibmas tersebut untuk menggugah kesadaran warga setempat. Melalui Kepala Bappeda Drs One Andang Wardoyo MSi, Bupati meminta agar masyarakat meningkatkan partisipasi mereka dalam mewujudkan Ramadhan nan sejuk, dengan tetap mengutamakan kerukunan dan kebersamaan, serta menjaga lingkungan agar senantiasa aman dan tenteram.


Tak jauh berbeda, tim Tarling 2 yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo pun menjadikan hal serupa. Melalui Drs H Mahbub MAg dari Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, tim 2 yang bersilaturahmi dengan warga masyarakat Desa Maron, Garung di masjid Roudhotul Muttaqin, meminta agar ada kewaspadaan lebih terhadap paham Islamic State (IS). “Paham ISIS tidak sesuai dengan dasar Negara Indonesia, yang memang bukan Negara agama”, terang Mahbub. Mengingat demikian gencarnya upaya IS dalam melakukan rekrutmen anggota hingga ke Indonesia, Mahbub berharap, warga masyarakat bisa saling menjaga dan mengawasi, terutama bila ada gerakan atau tindakan kurang wajar di sekitarnya. “Jangan ragu untuk melapor kepada perangkat desa atau petugas kepolisian terdekat bila memang menemukan hal-hal mencurigakan di sekitar lingkungan tempat tinggal”, pesan Mahbub.

Selain di kedua masjid tersebut, 2 tim lain, yaitu tim Tarling bersama Kapolres yang mendatangi Masjid Al Istiqomah Dusun Diwek, Desa Kaliputih, Kecamatan Selomerto, dan Tim Kepala Kejaksaan Negeri di Masjid Al Huda, Desa Simbang, Kecamatan Kejajar, juga menyampaikan himbauan yang sama. Kapolres Wonosobo, AKBP Aziz Andriansyah SH SIK MHum menegaskan, bahwa sinergi antara aparat kepolisian dengan masyarakat mutlak diperlukan. “Contoh kasus yang baru saja terjadi, yaitu perampokan di Desa Campursari Kertek berhasil digagalkan berkat kesigapan warga untuk membantu korban, serta langsung melaporkan kepada petugas, sehingga para pelaku pun akhirnya dibekuk”, jelas Aziz.

Kepala Bappeda One Andang Wardoyo menyerahkan bantuan kepada Ketua Takmir Masjid Al Istiqomah Munggang

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top