Yuk !! Periksa Lebih Dini Kanker Serviks

WONOSOBOZONE - Pemeriksaan Pap-Smear gratis Untuk 130 Masyarakat Wonosobo. Baru-baru ini pada tanggal 10 Mei 2015 Kegiatan ini juga masih dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-20 Rumah Sakit Islam Wonosobo. Rata-rata peminatnya adalah ibu-ibu berusia 30 tahun keatas. Sebagian besar masyarakat merasa takut dan malu untuk melakukan pemeriksaan Pap-Smear, tetapi setelah dilakukan edukasi serta penjelasan oleh petugas tentang pentingnya pemeriksaan ini bagi keberlanjutan kesehatan untuk dirinya mereka antusias mengikutinya. 

Selain rasa peduli terhadap masyarakat, tak kalah penting Rumah Sakit Islam Wonosobo juga mengutamakan seluruh Karyawati, istreri karyawan dan keluarganya peserta BPJS kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan Pap-Smear.


Pap-Smear adalah proses deteksi dini terhadap kuman Human Papilloma Virus (HPV) penyebab kangker serviks. Guna melihat ada dan tidaknya perubahan sel-sel yang mengarah menjadi sel kangker atau keganasan. Kangker serviks berakibat serius, selain dapat menyebabkan pengangkatan leher rahim, penderita ini juga menghadapi resiko pada kematian dalam stadium tinggi. Dikarenakan gejalanya tidak terasa bahkan hampir tanpa gejala. Kangker serviks tidak terjadi pada waktu yang singkat. Berdasarkan penelitian, kangker tersebut baru dapat terbentuk setelah 3-5 tahun kemudian. Selama waktu tersebut disarankan bagi wanita yang pernah berhubungan seks untuk melakukan deteksi dini dengan Pap-Smear. Upaya pencegahan merupakan langkah bijak yang harus dilakukan oleh semua wanita, menurut dr. H. Sudibjo Juwono, Mph dalam sambutanya. 
(Siti Laelatussofa. S.Kom - Kontributor wonosobozone.com)

Ilustrasi : infosehatkeluarga.com

Source : wonosobozone.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top