WONOSOBOZONE - Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Bulan di mana umat muslim berlomba-lomba meningkatkan pahala dan ibadah salah satunya dengan berpuasa, yang tentu saja diawali dengan sahur agar tubuh senantiasa kuat ketika puasa seharian nanti.

Terkadang banyak orang yang melewatkan kegiatan sahur, entah karena terlambat bangun, lelah, malas, dan berbagai alasan lainnya. Apalagi di Wonosobo yang pada musim ini suhu udaranya bisa mencapai 21 derajat sehingga cukup membuat malas untuk sekedar bangun dan makan sahur.

Jika anda terpaksa tidak sahur, berikut ini beberapa tips agar tetap kuat puasa meskipun tanpa sahur.
1.      1. Kuatkan Niat
Setiap pekerjaan yang diawali dengan niat yang tulus dan sungguh-sungguh akan terasa ringan jika dijalankan, tidak terkecuali berpuasa. Dengan niat dan mental yang kuat tidak akan menjadi masalah meskipun harus menahan lapar dan haus seharian. Ingatkan diri anda bahwa puasa di bulan ramadhan hukumnya wajib.
2.      2. Irit Tenaga
Pekerjaan yang berat sudah barang tentu akan menjadikan tubuh lelah. Apalagi ketika berpuasa dan tidak sahur pula. Maka lakukanlah aktifitas ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Jika memang anda memiliki tuntutan pekerjaan sehari-hari yang berat, lakukanlah semampunya. Jangan terlalu memaksakan diri, selesaikan pekerjaan secara bertahap agar tidak terlalu memberatkan.
3.     3. Cari Kesibukan
Ini bagi anda yang tidak memilki pekerjaan atau kegiatan yang harus dilakukan. Mencari kesibukan dengan hal apapun yang anda senangi akan membuat puasa anda tidak begitu terasa. Dengan menyibukkan diri, perhatian anda pada rasa lapar dan haus sedikit banyak akan teralihkan pada aktifitas yang anda sukai tersebut. Terlebih jika aktifitas etrsebut merupakan hobi anda.
4.      4. Perkuat Ibadah
Rasa lapar dan haus saat puasa terkadang mengganggu aktifitas ibadah, terlebih bagi anda yang lupa sahur. Mengerjakan sholat di siang hari apalagi ibadah sunnah lainnya terasa sangat berat. Berpikir positiflah bahwa puasa tidak akan mengganggu aktifitas ibadah anda yang lain. Justru dengan semangat ibadah, segala godaan lapar dan haus akan terlewati dengan mudah dan bertambah pahala pula.
5.      5. Tersenyum
Selain tersenyum adalah salah satu bentuk ibadah. Tersenyum akan mengurangi beban seseorang termasuk ketika menahan lapar dan haus. Dengan tersenyum anda akan lebih ringan dalam menjalani aktifitas meskipun sedang berpuasa. Senyum juga akan membuat anda tampak semangat dan memberi motivasi pada orang-orang di sekeliling anda untuk tersenyum pula. Pahala kan?

Meskipun hukum sahur tidak wajib, alangkah lebih baik jika jangan sampai melewatkan aktifitas sahur sebelum berpuasa.
Semoga bermanfaat…
www.apakabardunia.com

oleh nafis ulya (kontributor wonosobozone.com)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top