WONOSOBOZONE - Puskesmas Sidojoyo dan Selomerto adakan kegiatan bakti sosial bedah mulut minor sebagai rangkaian acara pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Dokter Bedah Mulut Fakultas Kedokteran Gigi UGM bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wonosobo. Sebanyak 13 dokter spesialis bedah mulut bertugas menangani 60 pasien yang telah memeriksakan diri sejak sehari sebelumnya (5/6) dan sepekan sebelumnya dan tanpa dikenakan biaya.

“Acara Baksos dan Seminar kesehatan gigi sengaja diadakan karena kebutuhan masyarakat yang memang tinggi di Wonosobo. Hal tersebut terkendala dengan minimnya dokter gigi spesialis bedah mulut sehingga untuk beberapa kasus harus dirujuk ke Jogja dan kota lain. Harapannya dengan kegiatan ini bisa meringankan beban masyarakat dan juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli kesehatan gigi,” tutur drg Rina Nurhayati ketua PDGI Wonosobo.

“Bedah mulut tergolong menjadi minor dan mayor. Untuk baksos kali ini difokuskan ke minor, sementara bedah mayor seperti operasi bibir sumbing dan kasus lainnya akan kita usahakan diadakan juga di waktu mendatang,” tutur drg Anik Khoiriyah salah satu drg spesialis yang mengikuti kegiatan.

Pada acara baksos tersebut juga ditemukan satu kasus bedah mulut yang tergolong berat dan harus dirujuk ke RS di luar kota karena membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Surono, warga Punthuk Sari yang menjadi pasien di baksos mengaku senang dengan adanya pelayanan bebas biaya tersebut. Surono yang telah dicabut gigi bungsunya mengaku merasa lebih baik mengingat selama ini belum berani mencabut gigi lantaran belum tahu perbedaan antara bedah mulut dan cabut gigi biasa.

“Ini lebih enak dan tinggal menunggu luka menutup, saya diharuskan cek ke puskesmas untuk followup dan hingga jahitan bisa dilepas,” tutur Surono.


dari win wonosobo ekspres

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top