WONOSOBOZONEWonosobo tak pernah kehabisan tempat untuk menikmati pemandangan menawan dari ketinggian. Setelah dataran tinggi Dieng dengan pesona matahari terbit di Puncak Sikunir dan Puncak Prau, para wisatawan kini bisa mencoba sensasi baru, bercengkerama dengan alam di punggung Gunung Sindoro. Adalah bukit Cengkul Suri, sebuah bukit di Desa Buntu, Kecamatan Kejajar, di mana pemandangan yang terhampar sungguh menyejukkan mata, terlebih ketika hari menjelang sore, di mana matahari di ufuk barat mulai meniti peraduan. Pendar warna merah keemasannya, tampak menyelimuti hamparan dataran tinggi Dieng dan sekitarnya, bahkan sampai air telaga menjer pun terlihat berkilau memesonakan mata.

Keindahan cengkul suri bisa dinikmati cukup mudah, karena bila ditempuh dari Desa Buntu, hanya memakan waktu tak lebih dari 30 menit. Ke depan, waktu tempuh tersebut akan semakin singkat, seiring adanya niat Pemerintah Desa Buntu untuk membuka akses jalan, hingga membuat wahana wisata outbond berupa flying fox. Rencana itu, seperti dikatakan Kades Buntu Supardi, masih terus dimatangkan, karena selain butuh dukungan dana tak sedikit, jalur yang hendak dibuka sebagian besar berupa hutan yang hak pengelolaaannya dimiliki oleh Perhutani.

Di tengah perjalanan menuju Cengkul Suri, bersama Kepala Kantor Pariwisata Kabupaten Wonosobo, Minggu (21/6), Supardi menceritakan ihwal mula pihaknya mengetahui pesona alami punggung Snindoro itu. “Awalnya adalah ketika kami menerima kedatangan para Mahasiswa dari Universitas Diponegoro, yang hendak menggelar kuliah kerja nyata, pertengahan Tahun 2010 lalu”, ungkap Supardi. Salah satu kegiatan yang dilakukan para Mahasiswa tersebut, menurut Supardi adalah penanaman ratusan batang pohon jenis cemara gunung di lereng Sindoro, di mana pada akhirnya dari kegiatan itulah diketahui jalur menuju Cengkul Suri. “Nama bukit cengkul suri sendiri muncul dari adik-adik mahasiswa, dan saya juga tidak paham maksudnya”, jelas Supardi. Masyarakat setempat lebih mengenal tempat di sekitar Cengkul Suri dengan nama kawasan bukit Ketapan.

Melihat pesona Cengkul Suri, Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo SH SSos MSi pun mengakui bahwa keindahannya tak kalah dengan matahari terbit di Bukit Sikunir. “Pemandangannya luar biasa, dan tempatnya juga tak sulit dijangkau, karena tidak begitu jauh dari Desa Buntu”, kata Agus sesaat setelah menapak di puncak Cengkul Suri. Dari atas bukit yang berada di ketinggian sekitar 1900 mdpl itu, pemandangan yang tersaji memang sangat memesonakan mata. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya lereng Sindoro, serta kawasan dataran tinggi dieng yang tampak di kejauhan. Persis di sebelah barat, Telaga Menjer beserta hamparan perbukitan yang melingkupinya  juga terlihat berkilau diterpa sinar matahari. Tak heran bila kemudian Kepala Kanparekraf mengaku sangat apresiatif terhadap upaya Pemdes Buntu membuka kawasan itu sebagai wahana wisata alam baru. “Desa Buntu, yang selama ini dikenal dengan pluralismenya akan semakin menarik minat wisatawan dengan adanya Cengkul Suri”, ungkap Agus penuh optimisme.

Bahkan menurut Agus, sebenarnya keindahan alam yang tersaji di Desa Buntu sudah terlihat di sepanjang jalur menuju puncak bukit di punggung Sindoro tersebut. “Bila akan dikembangkan, ada baiknya dibangun dulu semacam tempat istirahat bagi wisatawan di jalur menuju Cengkul Suri, karena saya melihat sendiri, keindahan alam yang terhampar juga tak kalah menarik”, harap Agus. Selain area persawahan milik penduduk, para pengunjung akan bisa menikmati hamparan perkebunan teh milik PT Tambi yang berada di seberang Desa Buntu. “Di jalur ini bisa pula dibangun semacam gazebo-gazebo untuk istirahat, dan dilengkapi dengan kedai yang menyediakan jajanan dan minuman khas desa Buntu, sehingga pengunjung akan merasa nyaman dan kerasan berada di Buntu. Pihaknya sendiri, diakui Agus akan sangat support terhadap rencana pengembangan Kawasan wisata baru di Desa Buntu, karena hal itu kelak juga bakal berimbas positif terhadap kesejahteraan warga masyarakatnya.

Hamparan persawahan dan perbukitan di sepanjang jalur menuju puncak cengkul suri

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top