WONOSOBOZONE - Banyaknya makanan kecil yang terindikasi menggunakan bahan pewarna berbahaya di pasar tradisional membuat kita harus waspada. Seperti temuan tim pemantau keamanan pangan (TPID) pada hari pertama, di mana ditemukan tak kurang dari 15 jenis makanan berpewarna tekstil di Pasar Sapuran. Ditambah lagi makanan yang mengandung rodhamin oleh Wabup Wonosobo saat mengikuti kegiatan pantauan pasar bersama tim pemantau keamanan pangan dan tim pengendali inflasi daerah (TPID) di Pasar Induk Wonosobo dan di Pasar Kertek.

Oleh karenanya, pada kesempatan tersebut Wabup juga mengimbau langsung kepada para pedagang agar menyediakan alat detector rhodamin yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. 

“Alat detektor kandungan rhodamin tidak beda dengan detector uang palsu, yaitu memanfaatkan pendar sinar ultraviolet yang akan membuat warna makanan mengandung pewarna tak layak, menyala lebih terang”, jelas Maya.

Upaya tersebut, menurut Maya mau tidak mau harus diambil, karena efek negatif yang ditimbulkan pada konsumen benar-benar serius. 

“Merujuk pada data penderita gagal ginjal di Kabupaten Wonosobo yang ternyata cukup tinggi,bisa jadi salah satu penyebabnya adalah ketidak amanan pangan, termasuk adanya kandungan rhodamin pada makanan”, tambah Maya. apr

Maya ikut melakukan pengujian terhadap makanan yang terindikasi mengandung rhodamin
 source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top