WONOSOBOZONE - Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan III/A ke atas, diwajibkan menyampaikan laporan pajak-pajak pribadi (LP2P) tepat waktu. Aturan tentang kewajiban tersebut, dikatakan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Wonosobo, Agus Kristiono, telah tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2004 tentang LP2P bagi PNS di lingkungan Departemen Dalam Negeri  dan Pemerintah Daerah. Selain itu,surat Menteri Dalam Negeri Nomor  800/200/SJ, tertanggal 23 Januari 2013 perihal penyampaian LP2P Tahun 2013.

Agus Kristiono menegaskan adanya aturan tersebut kepada ratusan bendahara gaji dari SKPD dan lingkup sekolah, yang hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) LP2P di RM Sari Rasa, Senin (15/6). “Kami sengaja menggelar rakor ini demi menghindari kemungkinan PNS terkena sanksi akibat keterlambatan menyampaikan LP2P”, jelas Agus. Untuk keperluan penyamaan pemahaman tersebut, pihaknya mengundang narasumber Kepala Bagian Keuangan Setda, dan Kepala KP2KP Wonosobo. Melalui kedua narasumber tersebut, para peserta rakor diharapkan tak lagi menunda penyampaian LP2P para PNS di lingkup kerja mereka. “Sanksi berupa hukuman disiplin bagi PNS sesuai PP Nomor 53 Tahun 2010”, urai Agus.


Pesan agar para bendahara gaji menyegarakan laporan pajak PNS juga diungkapkan Asisten Perekonomian Setda, Drs Amin Suradi MSi. Amin yang dalam kesempatan tersebut didaulat untuk membuka Rakor, berharap agar penyetoran pajak pribadi PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo, tepat waktu. “Batas akhir penyampaian laporan agar dicermati, sehingga nantinya PNS bisa mengisi formulir yang disediakan oleh KP2KP lebih awal”, harap Amin. Kepada para narasumber, Amin juga meminta agar bisa memberikan pemahaman yang sesuai kepada para peserta. “Kedisiplinan dalam penyampaian laporan pajak pribadi akan membentuk persepsi positif, serta kontribusi bagi pembangunan Negara”, tutup Amin.

Penjelasan tata cara pengisian LP2P oleh Kepala KP2KP Wonosobo Sutarko

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top