WONOSOBOZONE - Untuk meningkatkan kualitas Buruh Migran Indonesia (BMI) di Kabupaten Wonosobo, Migrant Care Wonosobo menggelar workshop bertajuk Inisiasi Layanan Terpadu untuk Buruh Migran dan anggota Keluarganya. Rabu (20/5) di Hotel Kresna yang rencananya akan digelar selama tiga hari berturut-turut. 

Siti Maryam selaku koordinator menjelaskan bahwa workshop tersebut merupakan kelanjutan dari upaya mendorong terbitnya peraturan daerah perlindungan TKI dan pelatihan standard perlindungan HAM buruh migran.

Selain 30 orang peserta workshop dari perwakilan SKPD terkait, workshop itu juga  menghadirkan 2 orang fasilitator dari Gedhe Foundation Purwokerto, yang telah berpengalaman dalam hal pelayanan terhadap buruh migrant.

 “Masih banyak kasus-kasus yang dialami BMI, termasuk bagaimana menghadapi gugatan cerai dari suami ketika seorang wanita masih berada di luar negeri untuk bekerja”, ungkap Maria. Karena itu, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengundang Kabag Pemerintahan Setda dan Camat Selomerto, yang selama ini telah menerapkan layanan terpadu kecamatan secara online (PATEN).

“ Dengan terintegrasi dengan PATEN, nantinya, data-data buruh migrant, termasuk informasi profiling seperti biodata, Negara tujuan, majikan atau pemberi kerja, hingga kapan berangkat dan kapan pulangnya seorang TKI akan dapat dilihat dengan system terpadu di setiap Kecamatan, serta Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak di Kabupaten”, tandas Maria.

salah satu peserta saat menanyakan prosedur perceraian
source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top