WONOSOBOZONE - Senin (11/5), remaja Sapuran yang tergabung dalam PIK-R/M (Pusat Informasi Dan Konseling Remaja/Mahasiswa) menggelar konseling kesehatan berupa VCT terhadap ratusan warga.
Voluntary Conselling and Testing  (VCT) adalah salah satu cara atau metode untuk pemeriksaan dini virus HIV/AIDS dalam tubuh manusia. Metode tersebut memiliki banyak manfaat selain untuk deteksi dini, juga sebagai penentu untuk melakukan langkah selanjutnya. Kini, VCT tidak hanya dilayani di klinik-klinik atau rumah sakit, tetapi pengambilan sampel bisa dilakukan secara mobile ke tempat-tempat yang dianggap ada masyarakat yang sadar dan mau memeriksakan dirinya untuk mengikuti tes VCT. 

Ketua PIK-R/M Kecamatan Sapuran Mukharom menyampaikan, penyuluhan dilakukan di berbagai sekolah dan kelompok- kelompok yang ada di desa. Untuk VCT di lingkungan Kecamatan Sapuran dengan hasil capaian 1.322 orang. 

Kegiatan VCT ini dilakukan secara mobile terhitung selama kurang lebih sebulan. Dari capaian 1.322 orang tersebut terdiri atas PNS guru dan nonguru, remaja dan juga ibu hamil di lingkungan Kecamatan Sapuran. Semua peserta yang telah mengikuti VCT dinyatakan negatif.

Salah satu tujuannya digelar kegiatan tersebut adalah agar remaja mau menunda perkawinan sesuai dengan usia nikah ideal yaitu laki-laki 25 tahun dan perempuan 20 tahun. 

Kepala UPT Badan KB Kecamatan Sapuran Nurul Hidayati mengatakan, program ini dilaksanakan berdasarkan meningkatnya jumlah pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Wonosobo yang semakin memprihatinkan. Diharapkan, program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk mewujudkan kecamatan yang sehat dan bebas dari HIV/AIDS. apr

www.merdeka.com
original writer: (H67-42)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top