WONOSOBOZONE - Dunia akik masih menyelimuti di jaman modern seperti sekarang ini. Seseorang rela mengeluarkan uang sampai bermilyar-milyar untuk membeli sebuah batu akik. Seperti yang terjadi di pameran Batu akik yang di gelar di gedung Korpri Wonosobo selama 9 hari terhitung dari tanggal 2 sampai 10 Mei 2015.

Terdapat sebuah batu akik yang dimiliki pengusaha dari Bengkulu dan di tawar sampai 1,2 milyar dengan alasan terdapat gambar sepatu dalam batu tersebut dan termasuk barang yang langka namun belum menemui titik kesepakatan karena harga yang di tawar masih terlalu jauh dari harga yang diberikan yaitu sebesar 2 Milyar rupiah.

Sementara itu Abdul Ghofur selaku Ketua Panitia Pameran Batu Akik mengungkapkan tentang keinginannya mewadahi para pengrajin dan penggemar batu akik untuk bisa lebih menggali potensi yang ada di setiap daerah terkait dengan bebatuan.

Sedikitnya 50 stand yang ikut bergabung dalam pameran akik tersebut 7 diantaranya stand dari Wonosobo sedangkan lainnya berasal dari daerah lain seperti Jakarta, Surabaya, Jogja bahkan ada yang berasal dari luar pulau yaitu Bengkulu dan juga Lampung. Untuk harga batu akik sendiri bervariasi, misalkan batu berjenis bacan yang berada di kisaran harga 2 juta sampai 6 juta rupiah, black oval yang berkisar 3 juta sampai 7 juta rupiah dan juga batu lain yang berkisardari 50 ribu sampai dengan 1 juta rupiah.

Ghofur juga berharap agar kedepannya semakin banyak pengrajin dan juga peminat batu akik sehingga upaya pemerintah dalam melestarikan batu akik semakin memadai dan industry kreatif lebih banyak bermunculan. ard

ilustrasi web www.radarkedu.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top