WONOSOBOZONE - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionlitas guru SMP, Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan USAID PRIORITAS menyelenggarakan Pelatihan Praktik yang Baik. Sebanyak 60 guru mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dari 6 kelompok kerja (Pokja) se-Kabupaten Wonosobo mengikuti kegiatan yang dihelat di Rumah Makan Sari Rasa selama empat hari tersebut.

Dari keterangan koordinator USAID Prioritas Kabupaten Wonosobo, ketika ditemui Selasa (12/5), 60 guru yang tergabung dalam forum MGMP tersebut dilatih dengan berbagai materi tentang bagaimana menerapkan pembelajaran kontekstual,  mengelola pembelajaran secara efektif, memahami kurikulum, melayani perbedaan individu dalam pembelajaran, pertanyaan tingkat tinggi, penilaian autentik, gender di sekolah dan literasi lintas kurikulum.

“Materi-materi yang diberikan tersebut diarahkan untuk merubah pola pikir guru dalam mengajar”, jelas Eka. Perubahan–perubahan tersebut, menurut Eka  berfokus pada menunjang pelaksanaan kurikulum. Di dalamnya guru harus menjadi fasilitator untuk merancang kegiatan yang menantang anak untuk berbuat dan berpikir. “Dari pola ini kegiatan siswa akan bervariasi, dan akan menumbuhkan kecakapan hidup bagi siswa itu sendiri”, lanjut Eka. Untuk melengkapi materi pelatihan, Eka juga menyebut bahwa pada hari terakhir, atau hari keempat, para peserta pelatihan juga diajak untuk praktik lapangan dengan mengajar di SMPN 1 Mojotengah, dan MTs Kalibeber.

Terkait penyelenggaraan pelatihan tersebut, Ketua Forum MGMP Kabupaten Wonosobo, Daryanto, menegaskan, bahwa para guru yang dilatih ini nantinya akan menjadi ujung tombak di Pokja masing-masing untuk menularkan dan menggerakkan model pembelajaran aktif kepada guru-guru yang lain melalui kegiatan MGMP. Hal ini menurut Daryanto dimaksudkan agar guru-guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik sehingga mendorong siswa belajar secara efektif.


Senada, Wakil Ketua Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Wonosobo, Herli Wiyatmo, juga merespon positif penyelanggaraan pelatihan tersebut. Dalam sambutannya, Herli menyebut bahwa kegiatan ini merupakan sebuah karya besar dari Forum MGMP, karena baru kali ini forum tersebut berinisiatif menggelar pelatihan yang inovatif, yang berbeda daripada pelatihan-pelatihan sebelumnya. Selain inovatif, kegiatan ini juga menumbuhkan jiwa mandiri dari para peserta, karena mereka berkontribusi untuk sebagian biaya pelaksanaan. 

Guru ditutut makin kreatif mengembangkan kegiatan belajar mengajar demi optimalisasi penerimaan materi

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top