WONOSOBOZONE - Media tanah air digemparkan dengan beras plastik asal China yang belum lama ini ditemukan di daerah Bekasi. Sebagai bahan makanan pokok mayoritas orang Indonesia, apa jadinya jika beras yang kita konsumsi untuk dijadikan nasi ternyata berasal dari bahan sintetis yang berbahaya?

Kenali mana yang beras asli dan beras platik dengan mencermati ciri-cirinya sebagai berikut:
  1.  Beras yang asli berwarna putih bening dan tengahnya berwarna putih susu. Sedangkan beras plastik berwarna putih bening dan polos.
  2.  Saat dicampur dengan air, beras asli akan menyatu dengan air. Sebaliknya, beras plastik apabila dicampur dengan air maka posisi air akan berada di atas beras.
  3. Tekstur beras asli sedikit kasar, banyak guratan dan tidak lonjong-lonjong sempurna. Berbeda dengan beras plastik yang memiliki tekstur halus dan lonjong sempurna.
  4. Beras asli  bila dijadikan bubur akan mengental dan menyatu ketika sudah dingin. Sedangkan beras plastik bila dimasak menjadi bubur akan menggumpal dan terlihat seperti belum matang.
  5. Beras asli akan menyerap air saat di tanak. Akan tetapi beras plastik malah mengeluarkan banyak air.
  6. Beras asli akan mengeluarkan aroma wangi yang khas ketika kita akan menyantapnya. Berbeda dengan beras plastik yang memiliki rasa tawar dan getir.
Jadi, sebagai konsumen yang cerdas, teliti dengan cermat beras yang akan kita konsumsi. Jangan mudah tergiur harga beras yang murah. Jangan sampai perut kita mengkonsumsi beras yang  berasal dari bahan plastik. Karena beras yang berasal dari bahan plastik akan membahayakan kesehatan kita.

Editor: Rizki Annisa (Kontributor wonosobozone.com)

Beras Asli vs Beras Plastik

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top