WONOSOBOZONE - Di era globalisasi dan modern seperti sekarang ini, petani dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaannya. Sehingga akan menghasilkan produk pertanian yang memuaskan. Seperti apa yang telah dilakukan oleh kelompok tani “Enggal Makmur” Dusun Banaran, Desa Kayugiyang Kecamatan Garung, dengan melaksanakan Laboratorium Lapang (LL) pengendalian virus kuning pada tanaman cabe secara swadaya. Demikian disampaikan Wakil Bupati Wonosobo, Dra. Maya Rosida, MM, pada acara Petik Perdana Laboratorium Lapang Pengendalian Virus Kuning Pada Tanaman Cabe, Swadaya Kelompok Tani “Enggal Makmur”, bertempat di Dusun Banaran, Selasa, 19 Mei 2015.

Maya Rosida juga menyampaikan apresiasi, atas apa yang telah dilaksanakan oleh kelompok tani “Enggal Makmur”, diharapkan hasil yang sangat memuaskan ini, tidak hanya sebagai laboraturium saja. Akan tetapi bisa dilaksanakan dan diterapkan kepada para petani di Desa Kayugiyang dan masyarakat sekitar, sehingga nantinya akan memakmurkan para petani.

Sementara pada kesempatan itu ketua kelompok tani “Enggal Makmur”, Abdillah menyampaikan bahwa petani Dusun Banaran khususnya dan umumnya wilayah Kecamatan Garung bercocok tanam cabai. Akan tetapi virus kuning menjadi kendala utama dalam bercocok tanam cabai, dan petani belum mampu mengendalikan virus kuning pada tanamannya. Tiap musim tanam cabai selalu terserang virus kuning, sehingga petani selalu gagal panen. Belajar dari itu semua kelompok tani “Enggal Makmur” membuat laboratorium lapang pengendalian virus kuning secara swadaya, dengan arahan dari PPL dan PHP Dinas Pertanian. Dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan cara mengendalikan virus kuning, dengan membudidayakan prinsip tanaman sehat, sehingga nantinya akan meningkatkan pendapatan petani dan keluarganya.

Abdillah juga menyampaikan, mengingat kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya maka berbekal lahan 1000 meter persegi dan bibit 1360 batang, kelompok tani “Enggal Makmur”, melaksanakan LL. Dimulai dengan pra tanam pada bulan November 2014, dengan berbagai perlakuan khusus terhadap tanaman LL, pada hari ini berhasil dilaksanakan petik perdana dengan hasil yang sangat memuaskan, dengan bukti tanaman tumbuh subur, sehat, tidak dihinggapi kutu kebul sebagai pembawa virus kuning, tidak terserang virus kuning, tanaman berproduksi secara normal bahkan lebih bagus.


Selain melaksanakan petik perdana, pada kesempatan itu juga dilaksanakan dialog antara warga dan kelompok tani “Enggal Makmur”, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Wonosobo, dari Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian Kabupaten Wonosobo, Muspika Kecamatan Garung serta Para PPL Dinas Pertanian Kabupaten Wonosobo. Karena laboratorium Lapang secara swadaya ini baru pertama dilaksanakan di Jawa Tengah.

Wabup Wonosobo sedang memetik cabe


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top