Pemkab Bolaang Mongondow Selatan Hadir di Wonosobo

WONOSOBOZONE - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Propinsi Sulawesi Utara tertarik pada budidaya dan pengolahan produk hutan rakyat yang cukup produktif di Wonosobo, yakni sengon atau albasia. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Alex Limbat, dalam kunjungan kerjanya di Wonosobo, Rabu 27 Mei di Ruang KRT.Mangoenkoesoemo Setda mengungkapkan, secara geografis kondisi di Bolaang Mongondow Selatan yang ada di wilayah pegunungan hampir sama dengan Wonosobo.

Bersama 15 anggota rombongan kunjungan kerja lainnya termasuk dari Komisi B DPRD Bolaang Mongondow Selatan yang membidangi kehutanan, ingin melihat langsung berbagai apsek dalam pengelolaan hutan, utamanya sengon. Hal ini tidak terlepas dari keinginan pihaknya menerapkan pohon asli Indonesia Timur ini, sehingga kawasan hutan di wilayahnya bisa dikembangkan, tidak melulu hanya hutan alam tapi bisa menjadi hutan tanaman seperti yang ada di Wonosobo.

Menanggapi pertanyaan ini Asisten Perekonomian Setda, Amin Suradi, memaparkan bahwa dari keseluruhan luas wilayah Wonosobo, 98.468 hektar, 19,20% nya adalah hutan negara yakni seluas 18.909,72 hektar. Dan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menanam pohon, luas hutan rakyat di Wonosobo berhasil mengalami peningkatan dari tahun 2005 seluas 18.374 hektar menjadi 19.481,58 hektar pada akhir tahun 2014.


Amin menambahkan, kegiatan rehabilitasi lahan dan penghijauan, menjadi prioritas, guna mengurangi dan mencegah luasan lahan kritis, selain untuk melestarikan dan meningkatkan usaha hutan rakyat melalui sistem silvikultur, yang ternyata berimbas meningkatnya ekonomi masyarakat Wonosobo, sebab perekonomian masyarakat Wonosobo sangat tergatung pada ketersediaan kualitas tanah yang baik.



0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top