WONOSOBOZONEPemutakhiran basis data terpadu Rumah Tangga Sangat Miskin  (RTSM) harus segera dilaksanakan agar bantuan bersyarat Program Keluarga Harapan bisa  tepat sasaran, demikian yang ditekankan dalam rakor tingkat Kabupaten Wonosobo di Resto Ongklok, Selasa (19/05).

               PKH adalah program pemberian uang tunai kepada masyarakat berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kwajibannya, dengan sasaran Kesehatan dan pendidikan Rumah tangga yang benar benar miskin.

            Di tingkat Kabupaten Wonosobo  akan dibentuk Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) yang membawahi Koordinator Pendamping dan para Pendamping atau Operator, untuk pemantauan di lapangan mengenai Data RTSM. Koordinator Pendamping bertugas mengkoordinasikan dan memantau tugas pendamping terhadap pelaksana dilapangan sedangkan Operator bertanggung jawab untuk membantu mengelola data peserta PKH, pemutakhiran data (dengan bantuan BPS), pembayaran bantuan, verifikasi, pengaduan dan administrasi.

            Rapat koordinasi tingkat Kabupaten Wonosobo ini sebagai media untuk mempersiapkan pelaksanaan PKH Tahun 2015, membentuk sinergisitas antar instansi  Pemerintah agar memiliki  pemahaman yang benar dan lengkap tentang  proses PKH untuk mewujudkan komitmen dalam percepatan  pelaksanaan yang tepat sasaran.

            Sasaran program ini diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan kesehatan yaitu Ibu Hamil  dan bayi,  dan pendidikan yaitu Anak Usia sekolah, serta anak putus sekolah.


Sehingga diharapkan dalam jangka panjang bisa memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, serta apat meningkatkan kondisi sosial Ekonomi RTSM.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top