WONOSOBOZONE - Kita tahu bahwa PP-PON adalah tempat pelatihan dan pemberdayaan pemuda dan olahraga yang berada di kawasan strategis Cibubur Jakarta. Tapi banyak yang tidak mengetahui jika seseorang yang menjadi kepala di kantor tersebut adalah Teguh Raharjo, S.Pd, M.M yang merupakan Putra asli Wonosobo.

Namun tidak semudah membalikkan telapak tangan dalam pencapaian menjadi seorang pimpinan. Laki-laki kelahiran Wonosobo 12 Juni 1959 ini telah menjalani berbagai macam lika-liku dalam perjalanan hidupnya. Ia pernah menjadi pembantu rumah tangga di Jakarta saat lulus SMP N Wonosobo pada tahun 1976.

Dari menjadi asisten rumah tangga itulah ia dapat mengumpulkan uang untuk melanjutkan Sekolah Teknik Menengah (STM) Pembangunan di Purwokerto kemudian tinggal di sebuah pondok pesantren. Meskipun begitu Teguh tetap berjuang sendiri dalam menghidupi kebutuhannya, menjadi kuli bangunan pun ia lakoni.

Setelah lulus STM tahun 1981 lantas tidak langsung melanjutkan kuliah namun bekerja sebagai cleaning service di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) di Yogyakarta. Di tempat itulah ia mendapatkan beasiswa supersemar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan karena prestasinya dalam bidang olahraga yang diperoleh saat masih bersekolah.

Beasiswa tersebut ia gunakan untuk berkuliah di D3 PPG Teknologi Bandung pada tahun 1985-1988 dan melanjutkan kuliah S1 sejarah di IKIP Yogyakarta sembari bekerja sebagai guru di BLPT tempat dulu ia menjadi cleaning service hingga akhirnya ia menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha BLPT sampai dengan 2010. Setelah lulus kuliah S1 tahun 2003 ia pun melanjutkan S2 Management di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta sampai tahun 2005 setelah sebelumnya ia diangkat menjadi Kepala Sub Bagian Tata Usaha BLPT.

Jabatan tersebut hanya sampai pada tahun 2010 sebab pada tahun itu Teguh dipromosikan jabatannya menjadi Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY hingga Agustus 2012. Setelah itu ia mendapat tugas dari Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk menjadi Kepala BLPT DIY di mana dulu saat masih menjadi cleaning service di BLPT ia juga sering membersihkan ruangan Kepala BLPT yang akhirnya saat itu ia bisa menempatinya.

Teguh juga telah berpengalaman di berbagai organisasi. Tercatat ia pernah menjadi Ketua di beberapa organisasi, seperti Ketua Umum Paguyuban Pedagang Mie Bakso DIY, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB-ISSI) Pembina Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Propinsi DIY.

Kini Teguh Raharjo telah dipercayai untuk menduduki jabatan sebagai Kepala PP PON Kemenpora RI sejak 1 Juni 2014. Meskipun begitu Teguh tetap rendah hati karena ia menyadari betul bahwa apa yang telah ia capai sekarang ini tidak lepas dari doa orang tua serta izin Tuhan dan perjuangan yang keras.

Saat menjadi Nara Sumber pada acara yang diselenggarakan oleh komunitas Wonosobo Mengajar pada tanggal 16 Mei 2015 yaitu 100 pasang sepatu untuk para anak yatim dhuafa di kampung halamannya Kabupaten Wonosobo ia mengatakan bahwa dirinya juga pernah menjadi kernet bus jurusan Wonosobo – Purwokerto. Pada kesempatan itu pula ia pun memberikan motivasi kepada anak-anak yatim untuk terus selalu semangat dalam menggapai cita-cita

“Tidak pernah mimpi menjadi seorang pemimpin, Kunci suksesnya adalah Kesabaran dan Keikhlasan”, demikian kata yang ia sampaikan pada acara Bakti social tersebut. Kata-kata itu selaras dengan Moto hidupnya bahwa “Hidup Harus Sabar dan Ikhlas”.

Kini ia tinggal di Jalan Radar Auri, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat dengan seorang istri yang juga berasal dari Wonosobo bernama Uswatun Hasanah. Bersama Uswatun, Teguh dikaruniai 3 orang anak. Adalah Isna Safri Riska Raharjo yang merupakan putri pertamanya, selanjutnya Miladi Maslansyah Raharjo sebagai putra ke dua dan ke tiga juga seorang pitra bernama Zakky Hadiansyah Raharjo.

Foto:Apr
Teguh Raharjo Saat Hadir di acara 100 pasang sepatu untuk anak yatim yang diselenggarakan oleh Wonosobo Mengajar
Oleh apr
Source:




0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top