WONOSOBOZONE - Salah satu karya unik dalam lomba KRENOVA 2015 yang digelar di Pendopo Wabup pada Rabu 20 Mei 2015 adalah daging yang terbuat dari jantung pisang. Temuan ini ditemukan oleh Beta Radish Charica bersama Puji asal SMAN 1 Wadaslintang. Mereka mengaku temuannya ontong burger atau meat analog jantung pisang, ditemukan dari pengamatan keseharian di lingkungannya yang banyak menemukan bahan jantung pisang berserakan tidak dimanfaatkan masyarakat. Siswa kelas XI ini awalnya dibimbing dua guru pembimbingnya, Joko dan Purbo, membawa temuannya untuk dikembangkan lebih lanjut melalui program ekstra kurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) di sekolahnya pada awal bulan Maret 2015.

Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut kemudian dibawa oleh sekolah untuk mengikuti ajang KRENOVA tingkat Kabupaten Wonosobo dan berhasil masuk 10 besar. Dengan ongkos produksi 67 ribu untuk 1 resep bisa menghasilkan 15 burger, Beta dan Puji juga sempat mengikutkan karya temuannya dalam ajang lomba Poster Ilmiah berisikan informasi seputar proses pembuatan dan manfaat produk tersebut yang digelar Universitas PGRI Semarang pada 13 Mei 2015, dan berhasil menjadi pemenang. Beta menyebutkan dibutuhkan investasi awal senilai 15 juta rupiah untuk produksi masal.

Joko selaku guru pembimbing berharap, tamuan anak didiknya kali ini bisa mengikuti jejak seniornya, yang tahun lalu sukses menjadi juara di tingkat kabupaten dan maju ke provinsi Jateng melalu temuan pengolahan temu lawak sebagai sumber bahan makanan alternatif.

Asisten Pemerintahan Setda, Aziz Wijaya, mengungkapkan penyelenggaraan lomba krenova (kreativitas dan inovasi) masyarakat merupakan upaya untuk mendorong innovation-driven, yakni ekonomi yang dibangun atas dasar iptek yang bernilai tambah, dengan tujuan memilih kreativitas serta inovasi teknologi terbaik dan memberikan fasilitas teknologi temuan masyarakat untuk dimanfaatkan optimal. Ia meminta kepada pimpinan organisasi perangkat daerah, para camat, maupun pihak-pihak terkait lainnya agar dapat mendorong dan memfasilitasi hasil  inovasi dan kreativitas dari masyarakat sebab tujuan dan tingkat kemanfaatan lomba krenova dalam pembangunan sangat banyak.

berbagai karya dari para peserta

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top