WONOSOBOZONEDinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo merilis berita menggembirakan. Berdasar hasil penilaian dari tim penilai malaria pusat dan Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonosobo dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapat sertifikasi eliminasi (bebas) malaria Tahun 2015. Keterangan mengenai hal positif tersebut disampaikan Kepala Dinkes, Dr Okie Hapsoro MKes MMR, di kantornya, Selasa (19/5). Menurut Okie, Wonosobo menjadi salah satu dari 17 Kabupaten/Kota Se-Indonesia yang mendapat sertifikasi bebas malaria.

Keberhasilan mendapat sertifikat eliminasi malaria tersebut, dijelaskan Okie tak lepas dari suksesnya upaya menurunkan jumlah penderita sepanjang Tahun 2000 hingga 2014. “Jumlah penderita malaria di Wonosobo pada Tahun 2000 masih mencapai 4246 kasus, kemudian pada Tahun 2005 turun menjadi 546 kasus, lalu turun lagi menjadi 129 kasus pada 2010, hingga pada akhir 2014 tinggal 28 kasus”, urai Okie. Dari ke-28 kasus tersebut, Okie menyebut bahwa tidak ada lagi kasus malaria lokal, alias semuanya berasal dari luar daerah (import). “Kami serius melakukan upaya-upaya untuk menghentikan penularan malaria lokal (indigenous), sehingga tidak ada lagi vektor malaria di seluruh wilayah Wonosobo”, lanjut Okie.

Demi mempertahankan dan memelihara status tersebut, Okie mengatakan bahwa pihaknya akan fokus pada pengamatan (surveilans) terhadap penduduk, baik dari atau menuju daerah endemis malaria, terutama di luar pulai Jawa. “Semua penduduk yang masuk wilayah Wonosobo wajib diperiksa sediaan darahnya untuk diberikan pengobatan sesuai standar sehingga tidak sampai menularkan pada penduduk lokal”, tegas Okie. Hal itu dijelaskan Okie, juga atas instruksi Bupati Wonosobo tentang pengamatan malaria impor di Kabupaten Wonosobo. Pihak Dinkes, menurut Okie juga berupaya menindaklanjuti instruksi Bupati tersebut dengan mendorong Desa membuat peraturan Desa, khususnya di desa-desa endemic malaria. “Saat ini sudah ada 9 Perdes di 4 Kecamatan, yaitu Kalibawang, Kaliwiro, Kepil, dan Sukoharjo”, tutup Okie.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top